Bupati Bantaeng, Buka Musrenbang RPJMD 2018 – 2023

oleh -
Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bantaeng Tahun 2018-2023 di Gedung Balai Kartini.

Di Laporkan Jurnalis Jeneponto: Samsir HR

TOPIKterkini.com, BANTAENG – Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bantaeng Tahun 2018-2023 di Gedung Balai Kartini. Selasa pagi, (18/12/2018). Yang ditandai dengan pemukulan gendang,

Musrenbang RPJMD ini sebagai forum antar pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Bantaeng dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RPJMD Kab. Bantaeng 5 tahun ke depan. Dengan tujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan Rancangan RPJMD Kab. Bantaeng.

Bupati Bantaeng H. Ilham Azikin dalam sambutannya menyampaikan bahwa visi pembangunan Bantaeng lima tahun ke depan yaitu “Terwujudnya Masyarakat Bantaeng yang Sejahtera Lahir dan Batin, Berorientasi pada Kemajuan, Keadilan, Kelestarian dan Keunggulan Berbasis Agama dan Budaya Lokal”.

Maka dari itu ada beberapa target makro yang ingin dicapai, antara lain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang saat ini sebesar 67,2 % pada tahun 2023 diharapkan menjadi 73,95 %. Target kemiskinan saat ini sebesar 9,66 % diharapkan dapat diturunkan menjadi 8,28 %. Tingkat pengangguran yang saat ini sebesar 5,23 % diharapkan dapat berkurang menjadi 3,96 %. Angka rata-rata lama bersekolah, saat ini masih 6,45 tahun diharapkan dapat ditingkatkan menjadi 9 tahun, dan Laju pertumbuhan ekonomi saat ini sekitar 7,32 % diharapkan dapat meningkat menjadi 8-9 %.

“Untuk mencapai target makro ekonomi tersebut, tentu bukanlah hal yang mudah. Tetapi saya yakin dengan strategi dan arah kebijakan yang tepat, hal tersebut. Insya Allah dapat direalisasikan”, ujar Bupati.

Diharapkan melalui Musrenbang ini, ada usulan kegiatan prioritas yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adanya indikator kinerja yang berorientasi hasil, bukan hanya output. Masyarakat berperan aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemanfaatan hasil pembangunan.

Peserta musrenbang berjumlah sekitar 250 orang, yang terdiri dari para unsur Forkopimda, para Kepala SKPD, para Camat, tokoh masyarakat, para Kepala Desa dan Lurah, Komisioner Forum Delegasi Musrenbang (FDM), Forum Anak Butta Toa. Turut hadir Ketua DPRD H. Abd. Rahman Tompo, Ketua GOW Hj. Rahma Arsyad, serta seluruh pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Setelah pembukaan Musrenbang, dilakukan penyerahan piala juara umum II Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) Sulsel 2018 yang baru saja berlangsung di Kab. Pinrang pada tgl 10 Nov 2018 dari ketua NPC Kab. Bantaeng, Bpk. Hasnawi kepada Bupati Bantaeng.

Kabupaten Bantaeng berhasil meraih peringkat II umum dengan perolehan medali 20 emas, 20 perak dan 14 perunggu. Ini tentu menjadi kebanggan karena telah mengharumkan nama Kabupaten Bantaeng.

Loading...