oleh

30 Orang Korban Kapal Terbakar Dievakuasi dalam 30 Menit

Laporan Jurnalis Kab. Bantaeng : AM Dg Nappa

TOPIKterkini.com, Bantaeng – Sebuah kapal dilaporkan terbakar di perairan Laut Flores Bantaeng. Kapal itu berisi 30 orang, 10 orang di antaranya adalah anak buah kapal.

Tim siaga bencana yang terdiri dari STIKES Panakukang, SAR, BPBD Bantaeng, Tagana, Dinas Kesehatan dan TNI, Polri berusaha melakukan evakuasi korban kapal yang terbakar itu. Mereka dengan sigap bergerak bersama melakukan evakuasi. Dalam waktu 30 menit, korban langsung terevakuasi.

Simulasi penanganan bencana yang digelar di pesisir Pantai Seruni, Bantaeng, Rabu, 23 Januari. Simulasi ini digelar dengan melibatkan 325 personel. Simulasi ini dirancang mirip dengan kondisi yang sebenarnya. Selain proses penanganan korban kapal yang terbakar, tim juga dihadapkan dengan proses penanganan keluarga korban bencana.

Simulasi ini menunjukkan kesigapan pemerintah dengan unsur yang terkiat untuk penanganan bencana. Semua unsur terkait mengambil peran masing-masing untuk menyelamatkan korban.

“Ini ketiga kalinya kita lakukan simulasi kerja sama Pemkab Bantaeng. Pertama itu simulasi kebakaran di tahun 2015 di era Pemerintahan Prof Nurdin Abdullah”, tuturnya.

Dia meyakinkan kalau kejadian kapal tenggelam di Laut Flores merupakan rangkaian skenario Simulasi Penanganan Kegawatdaruratan (KGD) III Korban Kapal Terbakar dan Tenggelam yang dilaksanakan STIKES Panakkukang Makassar.

Bantaeng dipilih sebagai lokasi simulasi karena daerah ini memiliki dan menjalankan sistem terpadu terbaik di Sulsel.

“Kami melihat sistem yang dibangun Bantaeng yaitu layanan kesehatan dengan adanya BSB hampir di setiap kecamatan sangat baik untuk kesigapan menghadapi bencana,” kata dia.

“Kami sudah lihat di lapangan, Live Saving pasien menjadi Priority. Ini dasar yang membuat kami memilih Bantaeng menggelar simulasi,”katanya

Gelaran simulasi ini turut disaksikan Kapoles Bantaeng, AKBP Adip Rojikan, Dandim 1410 Bantaeng, Letkol Nanang Siswoko dan Kadis Kesehatan Bantaeng, Andi Ichsan.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed