Danrem 023/KS Sebagai Irup Pada Penutupan TMMD Ke 104 TA. 2019 Di Wilayah KODIM 0213/NIAS

oleh -

Laporan Jurnalis Sumatra Utara: Fajar Hulu

TOPIKterkini.com, Kabupaten Nias – Komando Distrik Militer Kodim 0213/Nias melaksanakan Upacara Penutupan TMMD (TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA) KE-104 TA. 2019 di Desa Tagaule menuju Desa Balale Toba’a Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias yang dipimpin oleh Danrem 023/KS Kolonel Inf. Tri Saktiyono sebagai inspektur Upacara di lapangan Upacara Kec. Gido Kabupaten Nias. Rabu (27/03/2019) Pukul 09.20 Wib.

Sebagai Komandan Upacara Danramil 12/TD Mayor Inf Hatianus Zega
Perwira Upacara Kasi Ter Rem 023/KS Mayor Arm Setia Budi.

Amanat yg dibacakan oleh inspektur Upacara yakni Amanat langsung dari Bapak KASAD Jenderal TNI Andhika Perkasa sebagai PJO (penanggung Jawab Operasional) TMMD Ke 104 TA. 2019 antara lain:

1. Bahwa pelaksanaan penutupan TNI Manunggal Membangun Desa marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan ridho-Nya, sehingga kita dapat menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 ini dalam keadaan aman dan lancar.

2. Pelaksanaan Upacara penutupan sekaligus menandai berakhirnya Program TMMD ke-104 yang dilaksanakan secara serentak di 50 kabupaten/ kota di seluruh Nusantara yang diprogramkan 3 kali di tahun 2019 adalah sebagai wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara Iainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

3. Sejalan dengan tema TMMD kali ini dengan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya, Untuk itulah selama TMMD ini para Prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan.

4. Kemudian Pangdam I/BB sebagai Penanggung Jawab Pelaksanaan kegiatan TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama Pemerintah Daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan. Akhirnya, dengan memanjatkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini Rabu, 27 Maret 2019, TNI Manunggal Membangun Desa ke-104 TA. 2019 secara resmi, saya nyatakan ditutup.

5. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi langkah kita dalam memajukan Rakyat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.

Pada Laporan Dandim 0213/Nias Y. Reymond RS Purba, S.H., M.Tr (Han) sebagai Dansatgas TMMD Ke-104 TA 2019 Kodim 0213/Nias menyampaikan Bahwa untuk pembangunan fisik meliputi berupa Pembukaan Jalan Di Desa Tagaule Dan Desa Balaletoba’a Sepanjang 6000 M Dan Lebar 2 M, Penggalian Parit Kanan Kiri Jalan Sepanjang 12.000 M Dan Lebar 2 M dan Pengecatan Masjid Dan Gereja Sebanyak 2 Unit.

Tambahnya, Sedangkan pembangunan non fisik berupa, Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan Belah Negara, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Hukum, Penyulugan Kesehatan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Perikanan,Penyuluhan lingkungam Hidup, Penyuluhan PKK, Penyuluhan Dan Kegiatan Mitigasi Bencana dan Penyuluhan Kegiatan Agama.

Bpk. Fatizisokhi Zai sebagai tokoh masyarakat mengatakan, “Kami masyarakat sangat berterimakasih banyak atas kegiatan TMMD ke 104 di Wilayah Kab.Nias baik secara Fisik maupun Non Fisik yangvtelah terlaksana dengan aman dan tertib selama 30 hari” dan Kami mengharapkan kepada Bapak TNI untuk dapat diteruskan pembangunan seperti ini kedepan karena sangat membantu masyarakat dan Pemerintah untuk mendorong percepatan Pembangunan di Kab.Nias khususnya dan umumnya di Pulau Nias”.

Bupati Nias dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kab. Nias sangat mengapresiasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini karna bukan hanya ditujukan untuk mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sarana dan prasarana fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam mengelola potensi daerah yang dimilikinya.

“Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-104 ini memiliki makna yang sangat strategis karena dapat memiliki manfaat nyata untuk membuka keterisoliran wilayah, sehingga diharapkan hasil program yang telah terlaksana ini dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk
menggali potensi – potensi kemandirian dalam pengembangan kewirausahaan yang kompetitif serta menggerakkan roda perekonomian khususnya di Kabupaten Nias”

Pemerintah mengucapkan terimakasih atas seluruh kontribusi serta kerjasama yang baik kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan seluruh masyarakat Kabupaten Nias yang turut serta mensukseskan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa, semoga pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ini yang mendukung pencapaian program Nawacita dengan membangun Indonesia dari pinggiran serta memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik indonesia. Tuturnya mengakhiri.

Pantauan awak media Pada acara pelaksanaan Upacara Penutupan TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA KE-104 TA. 2019 di Lapangan Kec.Gido Kabupaten Nias Personil Kodim 0213/NS dan Persit KCK Cab XLVI Dim 0213/NS melaksanakan Bakti Sosial dan Giat Nazar kepada Masyarakat sekepulauan Nias. Kegiatan Upacara penutupan TMMD KE 104 ini dihadiri masyarakat sekitar 600 orang.

Pada pukul 11.00 Wib Rombongan Danrem 023/KS bersama Bupati Nias melaksanakan peninjauan hasil perkerjaan TMMD di Desa Tagaule menuju Desa Balale Toba’a Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias.

Kemudian pada pukul 12.00 Wib kegiatan selesai dalam keadaan aman dan kondusif.

Loading...