YMAPI Gelar Sosialisasi Pencegahan Penularan dan Penyembuhan Penyakit TB di Desa Lasara Sowu

oleh -

Laporan Jurnalis Kepulauan Nias : Krisman Tel

TOPIKterkini.com, Gunungsitoli – Dalam rangka pencegahan penularan dan penyembuhan penyakit TB, Yayasan Menara Agung Pengharapan Internasional (YMAPI) telah melaksanakan Sosialisasi TB Reach Wave 5 Scale Up bekerja sama dengan Pemerintah Desa Lasara Sowu.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Lasara Sowu pada hari Jumat (24/05/2019).

Hadir pada sosialisasi tersebut, Pj. Kepala Desa Lasara Sowu, Perangkat Desa, Ketua LPM, Ketua dan anggota TP. PKK, Kader Kesehatan serta tokoh masyarakat.

Dalam paparannya, Arif Zebua selaku Health Facilitator MAP Internasional menegaskan, sosialisasi TB Reach dilakukan sebagai langkah awal dalam pencegahan penularan penyakit TB serta penyembuhannya.

Dikatakannya, pihaknya akan bekerja sama dengan Kader Kesehatan yang ada di Desa Lasara Sowu untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat yang mengalami gejala penyakit TB untuk seterusnya dilakukan pemeriksaan.

Pelaksanaan pemeriksaan dan pengobatan, kata Arif, YMAPI akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Sementara untuk penyediaan gizi bagi penderita penyakit TB, akan ditanggung oleh pihak Yayasan.

Arif membeberkan beberapa gejala atau tanda-tanda yang mungkin mengalami penyakit TB, yaitu : Batu disertai dahak lebih dari 2 minggu; Berkeringat di malam hari tanpa aktivitas; Sesak nafas dan nyeri dada; Berat badan menurun; Nafsu makan menurun; Batuk berdarah;

Dalam sambutannya, Pj. Kepala Desa Lasara Sowu Momimotani Zega, S.Pd,. MM menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mendukung upaya pencegahan dan penyembuhan penyakit TB di Desa Lasara Sowu sebagai upaya mewujudkan Kota Gunungsitoli bebas TB.

“Masyarakat harus mendukung upaya pencegahan dan penyembuhan penyaki TB di Desa Lasara Sowu,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kader Kesehatan yang ada di Desa Lasara Sowu harus berperan aktif untuk mendukung dan menyukseskan gerakan pencegahan dan penyembuhan penyakit TB di wilayah Desa Lasara Sowu.

“Saya harap seluruh kader kesehatan ikut ambil andil dalam kegiatan ini. Data-data yang dibutuhkan oleh YMAPI silahkan diberikan. Selain itu, berikan pemahaman kepada masyarakat agar mengikuti pemeriksaan,” harapnya.

Loading...