Jelang Arus Mudik, Polda Sultra Razia Narkoba dan Tes Urine di Berbagai Tempat

oleh -

TOPIKterkini.com, Kendari – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sultra melakukan operasi razia narkotika dan tes urine menjelang arus mudik lebaran 2019 dengan menyisir sejumlah tempat yang ada di Kota Kendari.

Personel gabungan dengan melibatkan 126 orang meliputi Ditresnarkoba 14 orang, BNNP 25 orang, Dishub 16 orang, Petugas Bandara 4 orang, Ditlantas 20 orang dan Biddokkes 9 orang serta melibatkan pula Kesyahbandar Kendari 2 orang, berlangsung pada Rabu, (29/5/2019).

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Golden Hart mengatakan, razia gabungan yang menjadi titik penyisiran oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Sultra adalah di Bandara Halu Oleo, Terminal Baruga, Terminl Puuwatu dan Pelabuhan Nusantara Kendari. Ujarnya

“Yang menjadi objek atau sasaran kegiatan razia yaitu sasaran para penumpang pesawat udara, para penumpang mobil angkutan dan sopir mobil angkutan serta para penumpang kapal laut,” ungkapnya.

Lanjutnya, petugas gabungan melakukan test urine dengan memeriksa barang bawaan penumpang. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar wilayah tersebut tetap terjaga dan kondusif.

“Kegiatan razia narkoba dan tes urine gabungan, untuk mencegah adanya para pilot dan krew pesawat, para sopir, kondektur, dan para Nahkoda serta ABK Kapal yang menggunakan narkoba sehingga membahayakan keamanan, kelancaran dan keselamatan penumpang/pemudik lebaran,”

Selain itu, kegiatan razia gabungan tersebut, untuk dapat mencegah para pelaku, penyalahgunaan narkoba, para kurir, para pengedar dan bandar narkoba yang akan memanfaatkan suasana arus mudik lebaran untuk memasok barang atau narkoba ke Sulawesi Tenggara. Tutur Harry

Dalam kegiatan razia gabungan telah dilakukan pemeriksaan, penggeledahan dan tes urine terhadap beberapa tempat yang menjadi sasaran razia di wilayah Kota Kendari.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan urin baik pilot, krew pesawat, para sopir, kondektur, dan para Nahkoda serta ABK kapal serta para sopir dan penumpang juga tidak ditemukan adanya kandungan narkotika,” tandasnya.

Pelaksanaan razia narkoba dan tes urine gabungan menjelang arus mudik 2019 oleh satuan Ditresnarkoba Polda Sultra dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (***)

Laporan Jurnalis Sultra : Darman

Loading...