oleh

Shalat Id Pemda Buteng Kali ini Berpusat di Kecamatan Gu, Panitia Siap Adakan Takbir Keliling

TOPIKterkini.com, BUTON TENGAH – Dalam rangka memantapkan persiapan dan pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri 1440 Hijriah tingkat Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang rencananya akan dipusatkan di lapangan J Wayong Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu pada tanggal 5 Juni 2019, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) yang terdiri dari Camat Gu, Kapolsek, Danramil 1413-10/Gu telah menggelar rapat bersama beberapa tokoh masyarakat yang terlibat sebagai panitia pelaksana kegiatan pada Senin, (3/6/2019).

Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Gu ustadz Muslimin, saat ditemui usai rapat menjelaskan bahwa, rencana pelaksanaan shalat id kali ini merupakan hasil kerjasama dan kesepakatan antara pihak pemerintah daerah, pemerintah Kecamatan, Polsek dan Koramil Gu.

Berdasarkan kesepakatan bersama saat rapat panitia, shalat hari raya Idul Fitri kali ini akan diawali dengan pawai takbir keliling pada Selasa malam nanti (4/6/2019), dengan rute star dari persimpangan kantor Camat Gu menuju jalan poros Lombe-Wadiabero, kemudian berbalik arah hingga melewati jalur Lombe-Lakapera.

Pawai takbir keliling tahun ini dipandang perlu, sebagai bentuk penyampaian ke masyarakat luas, serta wujud kegembiraan atas kemenangan mengekang hawa nafsu, paska menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.
Ketua PHBI Kecamatan Gu ini mulai membayangkan, kegiatan malam takbiran nanti bakal jadi momentum yang paling dahsyat dan termeriah setelah beberapa tahun lalu dimasa Kapolsek Bahtiar.

“Takbir keliling beberapa tahun lalu pernah juga kita adakan, waktu itu mencapai seratus lebih kendaraan, padahal saat itu hanya tingkat Kecamatan, apalagi kali ini merupakan pelaksanaan shalat id tingkat Kabupaten Buteng, bisa kita bayangkan betapa sangat meriah nanti kalau takbir keliling malamnya,” kata Muslimin.

“Pada intinya bagaiman kita bisa mensukseskan pelaksanaan malam takbiran nanti. Kita juga mengharapkan semoga pelaksanaan takbir keliling malam satu syawal nanti bisa jadi momen yang lebih meriah, berjalan dengan aman, serta tidak terjadi kendala atau hal-hal negatif yang kita tidak diinginkan bersama,” sambungnya.

Camat Gu Amir, S.Pd juga menjelaskan bahwa, tempat pelaksanaan shalat kali ini merupakan kesepakatan bersama Pemda Kabupaten Buton Tengah yang diadakan secara bergilir mulai dari Kecamatan Lakudo dan Mawasangka pada tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi tahun ini giliran di Kecamatan Gu. Dalam hal ini pemerintah daerah tidak ada niatan lain, tetapi semata-mata hanya untuk membangun silaturahmi dan kebersamaan antara Pemerintah daerah dengan seluruh masyarakat di Buton Tengah,” jelasnya.

“Terkait dengan pendanaan kegiatan, dalam rapat pemantapan telah disepakati bersama bahwa masing-masing panitia masjid untuk Kelurahan Watulea, Bombonawulu dan Desa Walando siap menanggung setengah dari total biaya kegiatan,” tambahnya.

Kapolsek Gu AKP Suriadin, S.Sos., MH juga turut mengungkapkan bahwa, kesepakatan tentang pelaksanaan shalat id di lapangan J Wayong Kelurahan Watulea merupakan aplikatif awal atas perbincangan antara pihak Muspika Gu bersama Bupati Buteng pada momen peringatan Nuzulul Qur’an di Mapolsek Gu beberapa waktu lalu.

Kapolsek bahkan mengatakan tidak ada kendala terkait pendanaan, ia juga mengingatkan masyarakat yang hendak mengikuti takbir keliling agar menjaga keamanan dan keselamatan masing-masing.

“Untuk takbir keliling nanti malam, kami himbau demi keselematan bersama maka sebaiknya para pengguna kendaraan roda empat saja (Mobil, red) yang ikut, tapi kalau pengendara sepeda motor juga mau ikut maka harus memperhatikan keselamatan bersama, dan harus tertib melintas di jalan raya,” ungkap Kapolsek Gu.

Saat dimintai keterangannya terkait sistem pengamanan kegiatan takbir keliling, Danramil 1413-10/Gu menyatakan kesiapannya untuk bersama-sama pihak Kepolisian dalam upaya menjaga keamanan dan situasi saat pelaksanaan pawai takbir keliling.

“Mari sama-sama kita menjaga keamanan saat pelaksanaan malam takbiran nanti, kemudian mari kita rayakan lebaran idul fitri dengan hati yang bersih, serta mempererat tali silaturahmi antar sesama,” himbaunya.

Dari kesimpulan hasil rapat panitia, paska pelaksanaan shalat id pada Rabu pagi (5/6/2019), rencananya akan dilanjutkan dengan kegiatan ‘Open house’ antara pihak Muspika Gu bersama Bupati/Wakil Bupati Buteng serta para OPD di rumah jabatan Camat Gu. (**)

Laporan Jurnalis Kepton: Anton

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed