Bupati Bantaeng Sambangi Redaksi Majalah Tempo, Prosentasekan Inovasi Terminal Darah

oleh -

Laporan Jurnalis Bantaeng : AM Dg Nappa

Bupati Bantaeng : “Keberadaan Terminal darah di Puskesmas, Ibu-ibu tak perlu takut lagi melahirkan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama”

TOPIKterkini.com—Jakarta—Bupati Bantaeng Dr. H Ilham Azikin Prosentase Inovasi terminal Darah Puskesmas di gedung Majalah Tempo Jakarta, Senin 24 Juni 2019.

 

Inovasi dibidang kesehatan berupaTerminal darah puskesmas adalah salah satu terobosan Puskesmas di Bantaeng untuk menjamin ketersediaan stok darah di Bantaeng.

 

Bupati Bantaeng yang belum genap setahun sejak dilantik mengatakan Dihadapan tim penilai Indonesian Attractiveness Indesk (IAI) 2019,  Bambang Harymurti, Handi Irawan D, Prof. Dr. Martani Huseini.

 

“dengan adanya terminal darah puskesmas cakupan ibu melahirkan di Fasilitas tingkat pertama ini meningkat cukup signifikan”, katanya Bupati.

 

Lebih jauh dikatakan Bupati Bantaeng, dengan adanya terminal darah ini, maka secara tidak langsung puskesmas bisa menekan angka kematian ibu yang melahirkan. Menurut dia, sebagian besar kematian ibu yang melahirkan itu karena kekurangan darah, paparnya.

 

“Harapan kita, angka kematian ibu yang melahirkan ini bisa ditekan dengan terjaminnya stok darah di setiap puskesmas,” jelas dia

 

Ditambahkan Kadis kesehatan Bantaeng, dr.A. Ihsan,  bahwa inovasi ini bisa berjalan dengan baik. Karena didukung oleh 3 pilar, yaitu pemerintah daerah, swasta (perbankan dan bpjs) serta tokoh-tokoh masyarakat, tambah Kadis Kesehatan yang turut mendampingi Bupati.

 

Tujuan dari keberadaan Terminal Darah Puskesmas yaitu memastikan ketersediaan darah siap pakai di tingkat puskesmas. Dengan hadirnya stok darah tersebut akan mampu memotivasi ibu-ibu hamil  melahirkan di fasilitas layanan kesehatan atau puskesmas yang tentunya dengan bantuan tenaga kesehatan terlatih. Sebelum adanya layanan ini ibu-ibu takut melahirkan di puskesmas karena kuatir darah tidak tersedia.

 

Kesempatan ini juga digunakan Bupati Bantaeng untuk silaturahmi dengan jajaran dewan redaksi majalah tempo sekaligus memperkenalkan program kerja Bupati Bantaeng Periode 2018-2023. (Ar)

Loading...