Belajar Layanan BLUD Puskesmas, Dinkes Bantaeng Kaji Banding ke Sleman

oleh -

Laporan Jurnalis Bantaeng : A M Dg Nappa

TOPIKterkini.com—Bantaeng— Salah satu Misi Bupati Bantaeng meningkatkan layanan Publik. Kepala Dinas Kesehatan dr. H. A. Ihsan meyertakan Kepala Puskesmas se-Kab.Bantaeng melakukan kaji banding BLUD Puskesmas ke Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta Kamis 27 Juni 2019. Turut serta bersama rombongan Dinkes Bantaeng Ketua Komisi C DPRD Kab. Bantaeng Muh.Ridwan.

 

Dinkes Bantaeng memilih ke Kab. Sleman karena daerah ini telah menjalankan layanan BLUD di 25 Puskesmas se Kab. Sleman, kata Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Cahya Purnama, M.Kes. saat menerima 59 orang rombongan yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan dr. A. Ihsan.

Dalam sambutannya beliau memaparkan terkait perkembngan layanan kesehatan di Sleman. Terutama Layanan BLUD yang sudah berjalan pada 25 Puskesmas untuk kesempatan kaji banding telah disiapkan Puskesmas Sayegan untuk dikujungi.

“Layanan BLUD di Kabupaten Sleman telah berjalan di 25 Puskesmas dan kami siapkan Puskesmas Seyegan untuk dikunjungi sebagai lokus kunjungan”, jelas Cahya Purnama.

 

Kadis Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan, M.Kes, sebagai Pimpinan Rombongan Kaji Banding Dinas Kesehatan Bantaeng, merasa bahagia disambut dengan baik oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

 

Dalam sambutannya, Andi Ihsan mengatakan bahwa tujuan kunjungan tim Dinkes Bantaeng adalah menambah ilmu terkait Badan Layanan Umum Daerah. Dengan hadirnya BLUD Puskesmas diharapkan akan berimplikasi terhadap meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bantaeng, mendekatkan akses pelayanan ke masyarakat sehingga pada akhirnya bermuara pada pelayanan publik yang baik sesuai salah satu misi Bupati Bantaeng yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

Layanan ini disambut baik, Ketua Komisi C DPRD Kab.Bantaeng Muhammad Ridwan. “Kami menyambut baik keinginan Dinas Kesehatan Bantaeng untuk menerapkan BLUD Puskesmas di Kabupaten Bantaeng sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat” kata Ridwan.

 

Selanjutnya Tim Kaji Banding bertolak ke lokus kunjungan yang berjarak 5 km dari Kantor Dinas Kesehatan Sleman, tepatnya di Puskesmas Seyegan.

Drg. Ratih Susila, Kepala Puskesmas Seyegan, tampak antusias menyambut kunjungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng. Puskesmas Seyegan merupakan Puskesmas Rawat Inap termuda di Kabupaten Sleman, jelasnya. drg Ratih lebih rinci menjelaskan tentang pelaksanaan BLUD di Puskesmas Seyegan.

 

Kepala Puskesmas Kota, drg. Ulil Amri Maksud yang turut hadir dalam lawatan ini menuturkan siap merealisasikan keinginan Dinkes Bantaeng menjadikan Puskesmas menjadi BLUD.

“Dengan BLUD akan memberikan ruang fleksibilatas dalam mengelola anggaran dan aset sehingga lebih memudahkan Puskesmas untuk melakukan inovasi.” tambah Kapus yang berprofesi sebagai dokter gigi tersebut.

 

Kunjungan ke Kabupaten Sleman berlangsung selama 3 hari (26-28 Juni 2019) yang diikuti oleh Pejabat Struktural Dinas Kesehatan beserta perwakilan dari 13 Puskesmas se-Kabupaten Bantaeng.(Ar)

Loading...