oleh

Wartawan Pertama di Dunia

TOPIKTERKINI.COM – SOPPENG : Dalam sejarah Islam, cikal bakal jurnalistik yang pertama kali di dunia adalah pada zaman Nabi Nuh. Saat banjir besar melanda kaumnya, Nabi Nuh berada di dalam kapal beserta sanak keluarga, para pengikut yang saleh dan segala macam hewan untuk mengetahui apakah air sudah surut, Nabi Nuh mengutus seekor borong dara keluar kapal untuk memantau keadaan air dan kemungkinan adanya makanan.

Sang burung dara hanya melihat daun dan ranting pohon zaitun yang tampak muncul ke permukaan air.Ranting itu pun dipatuk dan dibawahnya pulang kekapal.Nabi Nuh pun berkesimpulan air bah sudah surut.Kabar itupun disampaikan kepada seluruh penumpang kapal.

Atas dasar fakta tersebut, Nabi Nuh dianggap sebagai pencari berita dan penyiar kabar (Wartawan) pertama kali di dunia bahkan kapal Nabi Nuh pun disebut sebagai kantor berita pertama di dunia.

                                                                                    Kaisar Quang Soo

Pada perkembangan selanjutnya pada abad 8 M surat kabar cetak pertama pun lahir dengan nama King Pao (kabar dari istana) surat kabar yang mengabarkan titah kaisar yang mengedarkan surat kabar tersebut adalah Kaisar Quang Soo pertengahan abad benar benar merevolusi dunia dan kehadiran mesin cetak telah membawa jurnalisme ke titik 100 persen.

Penulis : Jufri

 

 

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed