oleh

Korban tewas Papua naik menjadi 26 Orang

TOPIKTERKINI.COMPAPUA: Korban tewas dari protes kekerasan di provinsi Papua yang bergolak di Indonesia telah meningkat menjadi 26 setelah beberapa mayat ditemukan di bawah bangunan yang terbakar

Massa yang marah membakar gedung-gedung pemerintah, toko-toko, rumah-rumah dan membakar kendaraan di kota Wamena di provinsi Papua pada hari Senin dalam sebuah aksi oleh ratusan orang yang dipicu oleh desas-desus bahwa seorang guru telah menghina seorang siswa.

Juru bicara kepolisian Papua Ahmad Musthofa Kamal mengatakan kemarin bahwa enam jenazah ditemukan di dalam dan di sekitar puing-puing bangunan yang terbakar yang dilalap api oleh para perusuh. 70 orang lainnya terluka.

Dia mengatakan jumlah yang tewas diperkirakan akan meningkat karena pihak berwenang menyisir daerah-daerah yang terkena dampak di Wamena.

Juru bicara Kepolisian Nasional Dedi Prasetyo mengatakan polisi sedang memeriksa 733 mahasiswa yang terlibat dalam aksi di Jayapura yang menewaskan empat orang.

Aksi protes itu dipicu oleh sebuah video yang beredar di Internet yang memperlihatkan pasukan keamanan menyebut para siswa Papua sebagai “monyet” dan “anjing” di kota Surabaya Jawa Timur ketika mereka menyerbu sebuah asrama tempat para siswa Papua tinggal setelah bendera Indonesia yang sobek ditemukan di selokan.

Protes mereka berubah menjadi kekerasan pada hari Senin ketika siswa yang marah menyerang seorang tentara dan beberapa petugas polisi dengan parang dan batu, memaksa pasukan keamanan untuk menanggapi dengan tembakan, menewaskan tiga warga sipil.

Edito: Uslom

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed