oleh

Pemdes Wakorambu Muna, Tingkatkan Infrastruktur Desa Melalui DD Sesuai Hasil Musrembang

TOPIKTERKINI.COM, MUNA Hadirnya dana desa (DD) dari Pemerintah Pusat untuk seluruh desa Se-Indonesia, khususnya pemerintah desa (Pemdes) Wakorambu yang terletak di wilayah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) fokuskan pada pembangunan infrastruktur desa.

“Dana desa (DD) tahun anggaran 2019 yang disalurkan pemerintah pusat melalui pemerintah desa wakorambu, ia fokuskan pada pembangunan infrastruktur dan bidang pemberdayaan”

Kepala Desa Wakorambu, Hakri, S.Pd mengatakan, bahwa alokasi dana desa ( DD) akan dimaksimalkan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khusus masyarakat wakorambu.

“Pembangunan yang dilaksanakan itu disesuaikan dengan usulan warga dari masing-masing dusun, kemudian ditampung melalui musyawarah dusun (Musdus),” ujar Kades Wakorambu, Hakri, S.Pd, saat ditemui TOPIKterkini.com. Kamis (26/9/2019).

Adapun program pembangunan yang dilaksanakan melalui DD tahun 2019 berdasarkan hasil musrembang yakni Penetrasi (aspal tenteng) dengan panjang 440 meter, Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 713 meter terdapat di dusun II, pembangunan Drainase panjang 225 meter di dusun II.

Kemudian, Posyandu Lansia dengan ukuran 5×6 meter yang terletak di dusun I, pengadaan Pipa Air bersih sepanjang 480 merer juga terletak di dusun I dan pengadaan perahu nelayan lengkap dengan mesin sebanyak 2 unit serta pengadaan mesin penggilingan jagung 1 unit. ungkap Kades Hakri.

Dijelaskannya, dengan berjalannya program pembangunan infrastruktur di Desa Wakorambu. Itu sudah sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) dan keinginan masyarakat sehingga pembangunan itu tepat sasaran dan langsung dirasakan asas manfaatnya oleh masyarakat.

“Dengan adanya Dana Desa yang diberikan pemerintah pusat sangat bermanfaat bagi masyarakat desa sebab pembangunan tersebut langsung dinikmati. Hal itu, tentunya dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat desa,” terang Hakri.

Olehnya itu, kami sebagai pemdes wakorambu sangat berharap agar masyarakat dapat membantu dalam proses pembangunan ini sehingga apa yang dibangun di desa dapat berjalan dengan baik. Harap Kades Wakorambu, Hakri, S.Pd.

Sementara itu, Sekertaris Desa Wakorambu, Yadar mengatakan pemerintah desa (Pemdes) mengutamakan program Infrastuktur untuk menunjang transportasi warga dan salah satunya adalah pembangunan jalan.

“Program pembangunan desa adalah keinginan dari masyarakat berdasarkan Musyawarah Desa (Musdes) sehingga apa yang di bangun itu murni keinginan masyarakat dan kami sebagai perangkat serta warga sangat mendukung dan mengapresiasi kinerja Kepala Desa”

Apa yang dibangun mengunakan dana desa (DD) itu murni keinginan warga dan sampai saat ini, kami sebagai warga dan perangkat sangat mendukung kinerja kepala desa dan mengapresiasi beliau karena apa yang di kerjakan memang sesuai aturan yang ada,” ungkapnya. tutup Sekdes Wakorambu, Yadar.

Laporan : Asdin

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed