oleh

Presiden Rusia berikan penghargaan untuk keberanian astronot AS yang selamat dari kegagalan roket

TOPIKTERINI.COMMOSCOW : Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Selasa menganugerahkan penghargaan negara bergengsi untuk keberanian di Nick Hague, astronot AS yang selamat dari peluncuran ruang angkasa yang gagal tahun lalu.

Sebuah roket Soyuz Rusia yang menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional tidak berfungsi dua menit setelah lepas landas pada 11 Oktober 2018, yang memaksa dua orang awaknya dari Hague dan kosmonot Rusia Alexei Ovchinin melakukan pendaratan darurat.

Mereka mendarat tanpa cedera di padang rumput Kazakh setelah terjun 50 kilometer dalam sebuah kapsul dengan parasut memperlambat turunnya mereka.

Hampir setahun setelah kecelakaan itu, Putin memberi Den Haag Orde Keberanian, menurut sebuah dekrit yang diterbitkan di portal pemerintah, mencatat profesionalisme yang ia tunjukkan selama kegagalan roket.

Tidak jelas kapan Hague akan menerima penghargaannya di sebuah upacara.

Penyelidik Rusia mengatakan kegagalan roket disebabkan oleh sensor yang rusak selama perakitan di kosmodrom era Soviet di Baikonur.

Den Haag pekan lalu kembali ke Bumi setelah berhasil mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam peluncuran berulang pada bulan Maret tahun ini.

Editor: AzQ

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed