oleh

Menghadapi Anomali Iklim, Pemkab Bantaeng Lakukan Ini

Bantaeng–TOPIKterkini.com– Pemerintah Kabupaten Bantaeng gelar rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan dengan mengusung tema “Penguatan Ketahanan Pangan Dalam Menghadapi Anomali Iklim” di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Jalan A. Mannappiang Kamis 31/10/2019.

Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin secara resmi membuka Rapat Koordinasi, pada pertemuan kali ini untuk mengemukakan beberapa isu yang kemudian akan dirumuskan bersama.

Disebutkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Hj. Rahmania bahwa beberapa isu tersebut diantaranya mengoptimalkan deteksifikasi pemenuhan pangan lokal, mengingat saat ini banyak bahan makanan yang beredar sehingga perlu memilah untuk mengkonsumsi pangan lokal yang aman dan bergizi.

Selain itu juga isu kestabilan stok pangan pokok yang mana ke depannya harus semakin dapat lebih cepat dilakukan penanganan guna mengantisipasi jika terjadi hal-hal kekeringan, kebakaran, dan bencana lainnya. “Pada kesempatan ini kita harus mengetahui data apa yang disiapkan sehingga program yang berjalan di Dinas Ketahanan Pangan bisa dilihat keterkaitannya dengan pertumbuhan ekonomi ke depan. Ini menjadi wadah bagi kita untuk sharing agar dapat betul-betul sesuai antara data yang tersedia dengan kondisi di lapangan”, ujarnya.

Diketahui bahwa ada banyak hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab seiring dengan visi misi Bupati Bantaeng yang secara umum dalam program unggulan melalui bidang pertanian adalah menjamin ketersediaan pupuk, menjamin ketersediaan benih serta asuransi.

Sementara itu, Wabup dalam sambutannya menuturkan betapa pentingnya dilaksanakan pertemuan ini. Dikatakannya bahwa sangat penting memilih, mengevaluasi, melihat permasalahan dalam satu tahun untuk merumuskan bersama langkah apa yang perlu diambil untuk ketersediaan pangan kita di dalam wilayah sendiri.

“Jadi mari berkontribusi, melakukan inovasi di bidang ketahanan pangan agar Bantaeng ke depan dapat menjadi daerah yang mampu mensuplai pangan lebih banyak bagi daerah lainnya. Yang pada akhirnya juga akan berdampak pada penurunan tingkat pengangguran di daerah kita”, ujar Sahabuddin

Pada kegiatan ini turut hadir Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, H. Syamsul Suli, perwakilan Badan Pusat Statistik Bantaeng, serta para perwakilan dari instansi terkait. (Ar)

Laporan : AM Dg Nappa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed