oleh

Gempa Berkekuatan 6,5 Mengguncang Filipina selatan

TOPIKTERKINI.COMMANILA: Gempa berkekuatan 6,5 mengguncang Filipina selatan pada Kamis pagi, gempa kuat ketiga yang melanda kawasan itu dalam dua minggu terakhir.

Penduduk yang ketakutan meninggalkan rumah mereka, dengan video di media sosial orang-orang di jalan-jalan menangis, saling menghibur atau berdoa.

Ada laporan awal tentang lima orang yang tewas akibat gempa bumi terbaru, menjadikan 20 jumlah total kematian dari ketiganya.

Kematian itu terjadi di kota Makilala, yang paling parah dilanda gempa bumi terakhir. Hampir semua bangunan dilaporkan hancur atau rusak. Tanah longsor berikutnya membuat lima desa di kota itu terisolasi.

Sebuah video yang diposting online menunjukkan orang yang terluka diselamatkan setelah atap pusat evakuasi runtuh di Makilala.

Kota Tulunan, tempat 80 persen bangunan hancur oleh gempa bumi sebelumnya pada 29 Oktober, telah mengalami kerusakan lebih lanjut pada rumah dan bangunan.

Pejabat di Makilala dan Tulunan memohon bantuan, terutama makanan, air minum, obat-obatan dan tenda untuk tempat tinggal warga.

Di Kidapawan, bagian dari hotel berlantai enam runtuh. Penghuninya dilaporkan telah diberitahu sebelumnya untuk mengosongkan bangunan karena kerusakan yang berkelanjutan dari gempa bumi sebelumnya.

Di Kota Digos, di mana sebuah toko sebagian runtuh, dua orang terluka, kata Walikota Josef Cagas. Mereka diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit. Di Kota Davao, sembilan orang terluka ketika kondominium lima lantai runtuh.

Presiden Rodrigo Duterte, yang berada di rumahnya di Kota Davao ketika gempa terjadi, dilaporkan aman. Tapi Senator Christopher Go mengatakan rumahnya dan Duterte mengalami keretakan di dinding.

Kantor presiden mengatakan dia memantau perkembangan di daerah-daerah yang paling parah. Duterte telah memerintahkan semua lembaga pemerintah untuk menyerahkan laporan tentang gempa bumi, untuk memastikan bangunan pemerintah dan bangunan sekolah umum aman, dan untuk memastikan pengungsi berada di daerah yang aman.

Delapan orang tewas dan 395 lainnya cedera dalam gempa bumi 29 Oktober. Tujuh orang terbunuh dan 215 terluka dalam gempa 16 Oktober. (AN)

Editor: Azqayra

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed