oleh

Ribuan warga Pakistan dibebaskan dari penjara Arab Saudi

TOPIKTERKINI.COM – ISLAMABAD: Arab Saudi membebaskan 1.245 tahanan Pakistan dari penjara tahun ini, sementara perwakilan Pakistan berhubungan dengan pemerintah Saudi untuk pembebasan lainnya, kata asisten khusus perdana menteri Pakistan di luar negeri Pakistan, Kamis.

Pada bulan Februari, Kementerian Informasi Pakistan mengumumkan bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman telah memerintahkan pembebasan sekitar 2.100 tahanan Pakistan dari penjara Kerajaan selama kunjungan penting ke Islamabad.

BACA JUGA: 8 anak tewas oleh bom pinggir jalan di Afghanistan

“Bersama dengan 1.245 tahanan yang dibebaskan dari penjara Saudi, sekitar 3.400 yang dideportasi dari Mekah, Riyadh, Dammam, Tabuk dan kota-kota Saudi lainnya juga telah dibebaskan dari kamp deportasi sejak kunjungan Putra Mahkota Mohammed bin Salman,” Sayed Zulfikar Bukhari mengatakan kepada media.

Lebih dari 3.300 tahanan Pakistan saat ini dipenjara di Arab Saudi. Bukhari mengatakan pada tahun lalu, pemerintah telah berhasil membebaskan 2.559 tahanan Pakistan dari total 6.880 penjara di negara-negara Teluk, termasuk 1.200 di UEA, 55 dari Oman, 18 dari Kuwait, 17 dari Bahrain, 14 dari Qatar dan 10 di Irak.

Sebagian besar warga Pakistan ditahan di Teluk karena pemalsuan, perdagangan narkoba, penyeberangan perbatasan ilegal, pencurian dan penyuapan. Sebagian besar dari mereka yang dibebaskan telah dijatuhi hukuman antara satu dan lima tahun penjara.

BACA JUGA: Pohon Tumbang Menimpa sebuah Mobil di Bone

Bukhari mengatakan pemerintah Saudi memenuhi janjinya untuk pemulihan tahanan yang cepat tetapi ada masalah dalam merancang mekanisme yang benar: “Mereka (orang Pakistan yang dipenjara di Arab Saudi) termasuk orang yang dideportasi, sementara perdana menteri kami meminta para tahanan yang dipenjara karena berbagai kejahatan.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah Saudi untuk merilis nomor seperti itu, sekitar 38 persen dari total,” tambah Bukhari. “Kami berharap bahwa proses yang sedang berlangsung akan menghasilkan pembebasan lebih banyak tahanan dalam dua bulan tersisa tahun ini.”

BACA JUGA: 3 Pemuda di Bone Perkosa Gadis 15 Tahun Secara bergantian di tengah sawah

Dia mengatakan kementerian-kementerian Pakistan yang relevan bekerja erat untuk memungkinkan hal ini.

“Kementerian Luar Negeri memimpin upaya ini sementara kementerian dalam negeri dan luar negeri bekerja sama dengan mereka untuk memberikan bantuan kepada ekspatriat.” (AN)

Editor: Azqayra

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed