oleh

Perkosa Biarawati, Uskup Katolik asal Roma diadili di India

TOPIKTERKINI.COM – INDIA: Seorang uskup Katolik Roma diadili di India selatan pada hari Sabtu dengan tuduhan berulang kali memperkosa seorang biarawati.

Franco Mulakkal tiba di pengadilan di Kottayam, negara bagian Kerala, dengan sekelompok pendukung setelah menghadiri ibadah subuh.

Sementara gereja Katolik telah diguncang oleh kekerasan seksual dan kasus pelecehan di banyak negara, Mulakkal adalah pendeta India pertama yang diadili.

Uskup dituduh memperkosa suster itu beberapa kali antara tahun 2014 dan 2016, sementara kepala Ordo Misionaris Yesus memerintah.

BACA JUGA: Lakukan pelecehan seksual, Dua pastor di Argentina dihukum lebih dari 40 tahun

Mulakkal tidak mengajukan pembelaan di pengadilan, tetapi ia membantah tuduhan itu menjelang persidangan, Dia menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah.

Uskup itu ditangkap pada Oktober tahun lalu dan diberikan jaminan. Pada hari Sabtu, pengadilan memperpanjang jaminannya sampai sidang yang dijadwalkan berikutnya pada 6 Januari.

Polisi Kerala telah mengajukan laporan lebih dari 100 halaman tentang kasus yang mencakup pernyataan dari biarawati, pastor dan uskup lainnya.

Biarawati itu mengajukan pengaduan pada Juni tahun lalu, tetapi polisi baru mulai menyelidiki tiga bulan kemudian, setelah lima biarawati melakukan protes hampir setiap hari di luar pengadilan tinggi negara.

BACA JUGA: Ketahuan Mencuri Celana Dalam dijemuran, Seorang Profesor Ditangkap Polisi

Para biarawati menulis surat kepada para pemimpin Katolik di India dan juga Vatikan, menuduh hierarki gereja gagal untuk menangani kasus ini dengan serius.

Para biarawati dikritik oleh banyak orang di dalam gereja dan mengatakan keluarga mereka dilecehkan. (AN)

Editor: AzQ

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed