oleh

Aljazair memulai pemakaman kepala militer Ahmed Gaid Salah

TOPIKTERKINI.COM – ALGIERS: Pemakaman panglima militer Aljazair yang berkuasa Ahmed Gaid Salah berlangsung Rabu ketika jenazahnya tiba di Istana Rakyat, seperti gambar yang disiarkan oleh TV pemerintah.

Peti mati kayu berisi tubuh Gaid Salah, yang meninggal karena serangan jantung pada hari Senin berusia 79 tahun, tiba pada pukul 06.30 GMT, ditutupi dengan bendera nasional dan dibawa oleh petugas.

BACA JUGA: Bentrokan Demonstran dan Polisi di Hongkong Kembali Terjadi

Dikelilingi oleh sejumlah besar motor outriders, prosesi pemakaman berkumpul di istana, yang dibangun pada abad ke-18 untuk gubernur Ottoman.

Gaid Salah menjadi orang kuat di negara itu setelah presiden lama Abdelaziz Bouteflika terpaksa mengundurkan diri dalam menghadapi protes jalanan besar pada bulan April.

Kepala staf militer sementara Said Chengriha hadir, sementara Presiden Abdelmadjid Tebboune tiba sedikit setelah prosesi.

BACA JUGA: Badan hak Islam mengecam RUU kewarganegaraan India

Tebboune memenangkan pemilihan presiden 12 Desember dengan 58,1 persen suara dengan jumlah pemilih kurang dari 40 persen, menurut hasil resmi, dalam sebuah jajak pendapat yang dibubarkan oleh pengunjuk rasa sebagai taktik oleh Gaid Salah dan tokoh-tokoh perusahaan lainnya untuk mengkonsolidasikan kekuasaan mereka.

Setelah kemenangannya, Tebboune menghadiahkan Gaid Salah Orde Nasional Merit, penghargaan tertinggi Aljazair.

Setelah kematian sang jenderal, dia mengumumkan tiga hari berkabung nasional.

Gambar yang disiarkan oleh beberapa stasiun TV menunjukkan kerumunan massa di gerbang istana untuk memberi penghormatan terakhir kepada Gaid Salah, yang menjabat sebagai kepala tentara selama 15 tahun.

Kementerian urusan agama meminta para imam untuk memimpin doa dalam ingatan Gaid Salah pada hari Rabu.

BACA JUGA: Presiden Filipina Mendesak Indonesia dan Malaysia untuk menerima pengungsi Muslim Rohingya

Dia dijadwalkan akan dimakamkan tak lama setelah 1200 GMT di Lapangan Martir di pemakaman Al-Alia, tempat mantan presiden dan tokoh-tokoh utama Aljazair lainnya dimakamkan. (AN)

Editor: Usman S

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed