oleh

Ditangan Kades Hajar, Desa Leppe Konawe Berhasil di Sulap Menjadi Lebih Maju

TOPIKTERKINI.COM – KONAWE: Dengan adanya perhatian pemerintah pusat maupun daerah, yang pusatkan ke Desa guna meningkatkan pembangunan infrastruktur dan ekonomi, pada tahun 2019 Dana Desa ( DD ) yang dikucurkan pemerintah pusat melalui Kementrian Keuangan untuk 74.954 Desa sebesar 70 triliun.

Ini merupakan bukti keseriusan pemerintah pusat dan daerah untuk berupaya membangun Desa agar tidak ada lagi desa tertinggal.

Namun tak di pungkiri pula dengan masih ada saja oknum Kepala Desa yang berani mengebiri Anggaran Dana Desa ( ADD ), yang pada akhirnya berakhir dijeruji besi.

Menurut pantauan salah satu wartawan media online Topikterkini.Com Asdin bahwa telah banyak desa yang berhasil mengubah perwajahan desa dari tertinggal menuju desa maju, khususnya DD Tahun Anggaran 2018/ 2019 yang telah berakhir.

Salah satunya adalah Desa Leppe Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara yang terletak di pesisir pantai Kecamatan Soropia.

Dipimpin Hajar sebagai Kepala Desa serta Yusdin sebagai tim Pendamping Lokal Desa ( PLD ), maka telah berhasil mengubah Desa Leppe menjadi desa yang lebih maju ketimbang tahun sebelum nya.

Dengan membuka dialog bersama serta mengedepankan transparansi dalam penggunaan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN ) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) tersebut menjadi langkah utama yang dilakukan Hajar.

Sebelum melakukan inovasi Hajar terlebih dahulu melakukan Musyawarah Desa ( MusDes ) agar pembangunan berjalan dengan semestinya disamping itu turut pula melibatkan masyarakat setempat sebagai bentuk pemberdayaan melalui Harian Orang Kerja ( HOK ) agar dapat eningkatkan SDM.

Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan titian yang di butuhkan masyarakat nelayan sepanjang 164 meter yang terletak di 2 Dusun, mengingat warga Desa Leppe menggantungkan hidup pada sumber pendapatan mereka dari hasil laut, atau 99 persen masyarakat setempat merupakan nelayan.

Sebab asas manfaat dari jalan titian tersebut sangatlah urgensi, saat di temui Topikterkini.Com Hajar menjelaskan ” untuk anggaran dana desa 2020 kami akan upayakan penerangan dengan pengadaan lampu jalan di tiap dusun, agar rumah warga dapat terlihat lebih terang walau pun malam hari “. tuturnya.

Laporan: Hasdin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed