oleh

Menjaga Mutu Hasil Panen, Babinsa Koramil 08/Mandrehe Kodim 0213/Nias Bantu Jemur Padi Poktan Bersatu

TOPIKTERKINI-NIAS BARAT-Babinsa Koramil 08/Mandrehe Kodim 0213/Nias, Serda B. Mendrofa, Serda Y. Waruwu ikut serta membantu anggota Poktan Bersatu melaksanakan penjemuran padi hasil panen yang terletak di Desa Simeasi, Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, Kamis (02/01/2020).

Ini merupakan kebiasaan sebagian masyarakat di Desa Simeasi, khususnya di Kabupaten Nias Barat bahwa padi yang telah di potong panen terlebih dahulu di jemur sebelum dilakukan perontokan dengan mesin perontok padi. Penjemuran padi hasil panen agar padi tersebut tidak lembab, rusak, busuk dan menurunnya mutu padi pasca panen.

Dalam rangka meningkatkan produksi padi dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada pangan Nasional. Seperti halnya Babinsa Koramil 08/Mandrehe Serda B. Mendrofa serta rekan Babinsa Serda Y Waruwu membantu menjemur hasil panen padi para petani dengan Luas Lahan 1,5 Ha dari Luas Keseluruhan 2,5 Ha. Dengan melakukan penjemuran, padi tersebut tidak akan lembab, rusak, busuk dan menurunnya mutu padi pasca panen.

Babinsa selaku pembimbing kelompok tani harus terus terjun aktif dalam memberikan pendampingan kepada petani, sehingga masyarakat tani betul-betul merasakan manfaat dari kehadiran Babinsa ditengah-tengah kelompok tani dan diharapkan kedepannya Babinsa terus bersinergi dengan kelompok tani agar pencapaian hasil panen dapat terus meningkat.

“Selaku babinsa, kami akan terus melaksanakan pendampingan khusus kepada seluruh poktan di wilayah binaan saya. Kita ingin, semua petani kita senang dan ekonomi bisa membaik dengan hasil panen yang berkualitas,” ujar Babinsa Serda B. Mendrofa.

Ketua Kelompok Poktan Bersatu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang sudah memberikan pengetahuan serta membimbing kelompoknya, mula dari pentahapan dan langkah-langkah agar hasil panen maksimal, baik dari pembersihan dan pembentukan lahan sampai dengan panen selesai.

“Babinsa yang setia mendampingi kami tidak segan-segan datang dan hadir ketengah-tengah kelompok tani sehingga harapan kami untuk dapat maju dibidang pertanian pasti akan terealisasikan dengan baik karena Babinsa setia mendampingi kami”, ungkap ketua poktan bersatu. (TZ)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed