oleh

Peran Aktif Babinsa Koramil 08/Mandrehe, Dampingi Petani Tanam Padi

 

TOPIKTERKINI-NIAS BARAT-Berpakaian Dinas Lengkap TNI, Babinsa Koramil 08/Mandrehe, Serda Asmar Zega dan Serda Darusalam Buulolo tak ragu untuk terjun ke sawah, dengan sigap ikut menanam secara tandur (tanam mundur) bersama petani untuk Melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di poktan sepakat Desa Irano Gambo, Kecamatan mandrehe, Kabupaten Nias Barat, Jumat (17/01).

Sebagai upaya mendukung program pemerintah, khususnya swasembada pangan, jajaran Babinsa Koramil turut serta melaksanakan pendampingan menanam padi. Kegiatan dilakukan di wilayah binaan Koramil 08/Mandrehe.

Babinsa Koramil 08/Mandrehe Serda Asmar Zega yang membantu petani menanam padi jenis bibit padi Ciherang SS di lahan seluas sawah 1 ha dari 1,5 ha meter persegi di sawah milik Gapoktan Tani Sepakat di Desa Irano Gambo.

“Kami membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk persiapan tanam padi, dan sawah di bajak dan di lakukan penyiapan bibit padi,” katanya. Saat ini lanjut Serda Asmar Zega,

Penanaman padi tersebut disesuaikan dengan penyuluhan dan arahan dari Dinas Pertanian setempat. Selain menanam padi, Babinsa juga membantu dalam menyiapkan dan mengolah lahan, sampai masa panen.

Diharapkan hal ini terus berlanjut sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional sekaligus warga tidak sampai kekurangan pangan. Babinsa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan. Keberadaan Babinsa adalah sebagai motor penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masayarakat, jelas Babinsa Sersa Asmar Zega.

Pendampingan penyuluh pertanian dan Babinsa kepada petani dirasakan cukup efektif meningkatkan hasil pertanian. Pendampingan ini di lakukan untuk mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan.

Pengurus Poktan (Kelompok Tani) Tani Sepakat, mengatakan pendampingan Babinsa sangat membantu para petani setempat. “Pendampingan ini sangat di rasakan manfaatnya para petani,” katanya. (TZ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed