20 orang terbunuh dalam penyerbuan di Kebaktian Gereja Tanzania

TOPIKTERKINI.COM – DAR ES SALAAM: Setidaknya 20 orang tewas dan lebih dari selusin terluka dalam penyerbuan saat kebaktian di sebuah stadion di Tanzania utara, kata seorang pejabat pemerintah, Minggu.

Ratusan orang memadati stadion pada Sabtu malam di kota Moshi dekat lereng Gunung Kilimanjaro dan saling menghancurkan ketika mereka bergegas untuk diurapi dengan “minyak yang diberkati.”

“Dua puluh orang tewas dan 16 lainnya cedera dalam insiden itu,” kata komisioner distrik Moshi Kippi Warioba kepada Reuters melalui telepon. Lima dari mereka yang tewas adalah anak-anak, katanya.

“Penyerbuan terjadi ketika para penyembah berhamburan untuk diurapi dengan minyak yang diberkati,” kata Warioba.

Pastor Boniface Mwamposa telah menarik banyak orang dengan menjanjikan kemakmuran dan penyembuhan penyakit bagi para penyembah yang berjalan di atas apa yang ia gambarkan sebagai “minyak yang diberkati” selama kebaktian gerejanya.

Pihak berwenang khawatir jumlah korban jiwa bisa bertambah karena ukuran kerumunan dan kondisi gelap ketika penyerbuan terjadi.

“Insiden itu terjadi pada malam hari dan ada banyak orang, sehingga ada kemungkinan lebih banyak korban bisa muncul. Kami masih menilai situasinya, ”kata Warioba.

Tanzania telah melihat peningkatan jumlah pendeta “injil kemakmuran” dalam beberapa tahun terakhir, yang berjanji untuk mengangkat orang keluar dari kemiskinan dan melakukan apa yang mereka sebut penyembuhan ajaib.

BACA JUGA: Tiga tentara Nigeria terbunuh dalam serangan Gerilyawan

Ribuan orang di negara berpenduduk 55 juta itu berbondong-bondong ke gereja-gereja Pentakosta, yang sumber pendapatan utamanya adalah “persepuluhan,” sekitar 10% dari pendapatan yang diminta untuk disumbangkan oleh para penyembah. (AN)

Editor: Usman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *