oleh

Panen Raya jagung Kuning dan Peluncuran NK 007 Andalan di Bontoramba

JENEPONTO.TOPIKTERKINI.COM – Kepala dinas pertanian Jeneponto Ahmad hadiri Panen Raya jagung kuning sekaligus luncurkan (Launcin) NK 007 andalan benih unggulan oleh perusahaan PT. Singenta di kampung Bontoso’bi desa Maero kecamatan Bontoramba jabupaten jeneponto Sul-sel  17/3/2020.

Panen Raya jagung Kuning dan Peluncuran NK 007 Andalan di BontorambaDalam acara tersebut, sejumlah kelompok Tani sekabupaten jeneponto dikumpulkan untuk diberi pengarahan  dan pengetahuan tentang tata cara bertani untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ahmad Kepala Dinas pertanian jeneponto dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kami sangat berterimah kasih pihak penyelenggara PT singenta atas agenda ini, karena seiring program pemerintah pusat dalam hal ini menteri pertanian indonesia bagaimana petani bisa mandiri, modern, maju hingga bertani dengan baik.

Selain ke tidak  keterganggatungan bantuan langsung dari pemerintah saja, dengan cara mengembangkan potensi yang ada diwilayah kita masing-masing seperti halnya pengadaan  bantuan bibit dan pupuk untuk dapat menggunakan pupuk organik dari kotoran ternak atau kotoran lainnya,yang dapat memacu peningkatan hasil yang lebih baik dan meningkat.”ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa, kami selaku dinas pertanian jeneponto dengan adanya benih jagung kuning NK.007 andalan ini yang diproduksi oleh PT.Singeta walaupun prodaknya bukan barang baru di jeneponto namun sejumlah petani dilapangan sudah tahu membedakan dengan benih bibit yang tanpa menyebut merk lainnya”ujarnya”.

Selain kemandarian, petani juga diharapkan untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) yang diprogramkan oleh pemerintah pusat  melalui disejumlah BANK diseluruh indonesia yang besaran anggarannya disiapkan pemerintah tidak sedikit, berkisaran lima ratusan trilium melalui Bank tersebut “bebernya”.

Dikesempatan sama pihak Manejer PT.Singenta Bahtiar mengatakan bahwa kabupaten jeneponto adalah kabupaten kedua di sulsel kami lakukan launching NK 007

Alasan kami pilih kabupaten jeneponto selain luas lahannya tanahnya subur luas dengan potensi besar untuk produksi jagung kuning.

Hal tersebut dapat mengangkat nama  sulawesi selatan sebagai produksi  jagung kuning terbesar selain dari pulau jawa sebagaian, NK 007 andalan ini pada intinya selain dari tahan panas juga bisa panen lebih cepat dibanding bibit yang lain “ujarnya”

Lanjut dikatakan kami pihak PT. Singeta memiliki sejumlah prodak unggulan selain dari Benih NK.007 ,NK 212 ,NK 33 dan benih unggul lainnya.

Dan yang terpenting lagi untuk dapat mengetahui kunci keberhasilan dalam produksi jagung kuning yang lebih baik, ada beberpa hal yang perlu di perhatikan para petani, diantaranya cara tanam harus punya jarak, dan cara penggunaan pupuk.’ujarnya”.

Sedangkan kepala wilayah sekaligus penjabat PLT Desa Maero Muh. Nurlewa, dalam sambutannya mengatakan bahwa kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas terselenggaranya acara ini dan ditempatkan diwilayah kami, dimana diwilayah ini sebagian besar masyarakat kami adalah berprofesi petani, baik petani jagung maupun petani lainnya.

Harapan kami, dengan adanya program dan benih unggulan NK 007 andalan di lounching ini, petani kita lebih meningkat dan sejahterah dalam usahanya.”pungkasnya”.

Panen Raya jagung Kuning dan Peluncuran NK 007 Andalan di BontorambaSekedar diketahui dalam acara tersebut hasil pantauan media oline TopikTerkini.com nampak hadir sejumlah unsur muspika sekecamatan Tamalatea dan kecamatan Bontoramba kabupaten jeneponto, unsur dinas pertanian dan pemerintah kecamatan dan desa dan Lurah,Tokoh masyarakat dan puluhan para ketua dan anggota kelompok Tani lainnya.

Penulis :Mahmud sewang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed