oleh

Pemdes Malaha Kolaka, Perangi Penyebaran Covid-19, dan Tingkatkan Infrastruktur Desanya

TOPIKterkini.com – Kolaka : Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang mewabah diseluruh tanah air tercinta (Indonesia). Pemerintah desa (Pemdes) Malaha yang terletak di Bujur Utara, Kabupaten kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), di Nahkodai Kades Tajuddin turut ambil bagian dalam memerangi penyebaran virus corona dan dibantu aparat desa serta warganya saling bahu-membahu.

Penyebaran virus tersebut sangat meresahkan masyarakat baik dalam beraktifitas hingga pelarangan beribadah. Parahnya lagi adalah polemik ekonomi merongrong kehidupan masyarakat golongan atas dan apa lagi golongan bawah.

“Bantuan langsung tunai (BLT) yang dicanangkan dapat meringankan beban bagi masyarakat terdampak Covid-19. Namun, nyatanya belum terealisasi dengan maksimal”

Banyak desa yang belum melaksakan anjuran pemerintah pusat, semua terbentur adanya peraturan Bupati (PERBUP) tentang penanganan Covid-19. Dalam hal ini pemerintah desa (Pemdes) Malaha melalui Kadesnya melakukan penyemprotan cairan di setiap rumah warga yang rutin dilakukan terdapat di enam dusun desa.

Kemudian membagikan masker sebanyak 2.500 di setiap warganya, bahkan para masyarakat yang melintas di Desa Malaha juga diberikan masker. ujar Kades Tajuddin, saat ditemui awak media. (26/4/2020).

“Alat pelindung diri (APD) di anggarkan melalui Dana Desa (DD), serta bantuan dari relawan. Dan dana yang telah digelontarkan sudah mencapai kisaran 35 juta bersumber dari Dana Desa (DD). Ungkapnya.

Selain pencegahan Covid-19. Kades Tajuddin prioritaskan peningkatan infrastruktur desa melalui pencairan tahap 1 dana desa tahun anggaran 2020 yakni, peningkatan tanggul pasar rakyat sepajang 25 meter dengan diameter dan tinggi 2,5 meter dan pembuatan drainase sepanjang 60 meter terletak di enam dusun serta pembuatan jalan wisata panjang 100 meter dengan lebar 4 meter.

“Kades Malaha Tajuddin bersama Sekertaris desa (Sekdes) Sulkifli dan TPK Abidin Umar, akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam membangun desanya sesuai harapan warga Malaha,” tuturnya.

Laporan : Asdin Remi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed