oleh

Antisiapsi Balap Liar Selama Ramadhan, Personil Polsek Pattallassang Rutin Lakukan Patroli

Takalar, TOPIKterkini.com – Pada saat bulan suci Ramadan, pihak Kepolisian Sektor Pattallassang Polres Takalar akan rutin melakukan patroli. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi balap liar yang mungkin terjadi saat bulan suci Ramadhan. Adapun langkahnya dengan tindakan preventif dan represif, Selasa(28/4/2020).

Kapolsek Pattallassang Kompol H. Muhammadang melalui Kasi Humas Polsek Pattallassang, Aipda Aswan mengatakan, dalam Bulan Suci Ramadhan ini polisi bakal melakukan pengamanan di wilayah hukum Polsek Pattallassang, khususnya untuk mencegah terjadinya balapan liar. Adapun pengamanan dilakukan dengan melibatkan semua unsur terkait, baik Polisi, TNI, dan Pemerintah setempat.

“Pengamanan balapan liar lebih dikedepankan pola preventif, yaitu mencegah terjadinya balapan liar, dengan pendekatan patroli, dan penempatan personel pada titik serta jam kegiatan dengan penggelaran personel wilayah,” ujarnya.

Menurutnya, secara preventif, dilakukan patroli gabungan pengaman wilayah dan pokdarkamtibmas, penempatan unsur polantas dan patroli sabhara pada obyek balapan, serta penerangan keliling untuk menghimbau masa tak berkumpul dan meninggalkan lokasi bagi yang tak berkepentingan.

Kemudian, tambahnya, secara represif dilakukan dengan operasi hunting system unsur kewilayahan polsek dengan unit lantas, dengan melakukan pemeriksaan kendaraan body dan barang bawaan. Melakukan penindakan pelanggaran lantas dari faktor kendaraan, SIM, dan penggunaan kelengkapan seperti helm serta sabuk pengaman.

“Adapun waktu balapan liar umumnya dilakukan sekitaran pukul 05.00-06.00 sore dan pukul 05.00-06.00 wita pagi,” tuturnya.

“Balapan liar dilakukan secara tidak terkoordinir dan umumnya terjadi karena semakin banyaknya yang menonton sehingga para pemotor tertarik untuk terlibat dalam balap liar tersebut, baik bersama rekannya maupun antarkelompok,” tambahnya.

(Ak)

Komentar

News Feed