oleh

Dinas Ketahanan Pangan Jeneponto Melakukan Sosialisasi Ketahanan Pangan Dan Pembagian Bantuan Pangan Di Tiga Desa

TOPIKTERKINI.COM-JENEPONTO- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jeneponto kembali bekerja nyata untuk meringankan beban masyarakat yang diakibatkan oleh hantaman Pandemic Covid-19. Kali ini dinas ketahanan pangan yang dikepalai oleh Meriyani menyasar 3 (tiga) desa di Kabupaten Jeneponto yakni Desa Paitana, Desa Bungeng dan desa Camba-Camba untuk turun membagikan bantuan pangan dan bibit sayur mayur. (Selasa, 13/05/2020).

Dalam kesempatannya kali ini Meriyani di hadapan masyarakat penerima manfaat mengungkapkan jika dinas yang dikelolanya melakukan kegiatan ini dengan tujuan agar masyarakat mampu mempertahankan ketersediaan pangan di rumah tangganya masing-masing.
“Bahwa dengan adanya Pandemic Covid-19 ini pemerintah meminta kita untuk tetap di rumah, menjaga jarak, menjaga kebersihan dan selalu menggunakan masker, nah seiring dengan imbauan pemerintah untuk tetap dirumah maka tentu ibu-ibu harus memiliki aktivitas produktif saat berada dirumah, kami dari dinas ketahanan pangan memang fungsinya agar bagaimana pangan bisa selalu tersediah ditingkat rumah tangga dengan tersedianya pangan ditingkat rumah tangga harapannya ditingkat lebih atas seperti desa juga sudah dapat terpenuhi” tegasnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jeneponto ini mengajak masyarakat untuk mau memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk bercocok tanam sehingga dapat menjaga keuangan rumah tangga masyarakat.
“Jadi nanti kita akan membagikan ibu-ibu selain beras ada juga bibit sayur mayur yang bisa ditanam di pekarangan rumau, hal ini sangat baik karena selain menambah kreativitas ibu-ibu juga dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk membeli sayur, uang yang dipakai awalnya membeli sayur setiap hari dapat ditabung untuk menjaga keuangan rumah tanggata.

Suasana penyerahan bantuan pangan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jeneponto di desa Paitana. (Selasa, 13/05/2020).

Saat menutup sosialisasi Meryani kembali menegaskan misi utama dari kegiatan Dinas yang digawanginya.
“Hadirnya Dinas Ketahanan Pangan Jeneponto dengan kegiatan sosialisasi dan penyerahan bantuan CPP ke masyarakat dengan slogan Jaga Jarak, tetap di rumah, hidup bersih dan makan bergizi, ayo bergerak dengan tanam sayur-mayur, adalah aksi reaktif dan tepat sebagai antisipasi untuk mencegah timbulnya gejolak di masyarakat” tutupnya.

Dalam kesempatan kali ini 3 (tiga) desa yang menjadi sasaran Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jeneponto menyalurkan sebanyak 150 paket beras dan 45 paket bibit sayur mayur untuk masing-masing 50 Kepala keluarga perdesa.

Daeng Basse’ salah seorang warga yang mendapat bantuan pangan dan sayur mayur dari dinas ketahanan pangan mengaku senang menerima bantuan seperti ini.
“Saya sangat senang bisa mendapatkan bantuan ini, kita juga diberi bibit sayur mayur, untuk ditanam di belakang rumah, kita dikasi arahan yang bagus dari ibu kepala dinas tentang Corona dan bagaimana supaya kita bisa menjaga tersedianya sayur-mayur di rumah sendiri” ungkapnya.

Sebelumnya diketahui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jeneponto telah menyalurkan bantuan pangan dan bibit di 17 desa/kelurahan dengan total paket 1034 paket. (*) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed