oleh

Seri Ngobrol (SN) LAPAKKSS VIRTUAL ZOOM

TOPIKTERKINI.COM – MAKASSAR | Lembaga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKKSS) menyelenggarakan Seri Ngobrol (SN) lewat aplikasi Zoom. Kegiatan ini akan berlangsung Rabu 20 Mei 2020 – pukul 15.30 – 17.00 wita, bertepatan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Tema SN ini “Pasca Pandemi Covid-19: Yang Pupus dan Yang Tumbuh”. (SN#1 – Mereka-reka, normal baru dari dimensi media, Pshikologi dan Budaya Kesehatan. Pengantar Diskusi DR. H. Ajeip Padindang, SE,MM. Anggota DPD RI yang juga Ketua LAPAKKSS. Moderator Luna Vidya (Penggiat Sastra dan Komunikasi Kreatif, Narasumber/ pemantik Rusdin Tompo (Jurnalis), A. Putera Pratama, P.Si (Psikolog) dan DR. Sudirman HN (Akademisi Kesehatan Masyarakat).

Gagasan dan Tujuan menurut Yudhistira Sukatanya (Ketua Harian LAPAKKSS) dan Luna Vidya, “Anda masih berjabat tangan? Saya ragu, anda masih melakukannya……..”.

Tidak berjabat tangan, tidak mengunjungi rumah kerabat yang lebih tua, adalah sesuatu yang mungkin tidak pernah terpikirkan. Sikap demikian itu sesungguhnya menunjukkan pola keakraban kita dengan orang-orang yang kita perdulikan dan kasihi, selama ini. Situasi Pandemi dan kebijakan #WFH, perlahan-lahan memaksa setiap kita, harus berdaptasi dengan suasana dan rutinitas baru. Tidak sedikit konsekwensi yang harus dihadapi dan harus bersesuai dengan keadaan sekarang. Hadirnya suatu “budaya baru” yang bertentangan dengan apa yang dulu merupakan kelumrahan, perlu cepat disimak. Apa dan bagaimana, kemungkinan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan mendadak ini, sebab seiring dengan itu kebiasaan baru terus tumbuh. Dalam beberapa hal, apa yang dulu merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari pada situasi normal, kini sudah mulai tidak sesuai dengan keadaan yang sedang berlangsung.

Entah melihat dengan optimis atau pesimis, pandemi Covid-19 ini niscaya akan berlalu. Akankah kehidupan sosial kita tidak seperti dulu lagi? Akan adakah situasi normal baru yang terbentuk sebagai dampak dari situasi pandemi? Melihat melampaui situasi ini, apa yang akan pupus dan yang tumbuh, pun bagaimana mendeteksi relasi normal baru ini dari dimensi media; penerimaan dan penggunaan media baru dalam interaksi dan interelasi sosial? Di dalam normal baru itu, pola-pola hubungan sosial yang sehat dan beradab perlu dikalibrasi ulang, bagaimana pengaruhnya dalam konteks psikologi sosial? Begitu pula perilaku sanitasi baru (yang didesakkan) selama pandemi ini, apakah akan bertahan menjadi budaya hidup sehat sebagai tanggung jawab sosial?.

Kegiatan SN ini buat masyarakat yang ingin ikut sebagai peserta bias mendaftarkan diri ke Narahubung: Jamal Andi (WA 081124228566) dan Rachim Kallo (WA: 085211481692) untuk dapat bergabung dalam Sesi Ngobrol nanti, agar mendapatkan Password-id, karena kuota peserta terbatas. (rk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed