oleh

Hari ke 2 Lebaran, Raja Gowa Ziarah Kubur di Katangka

TOPIKTERKINI.COM – GOWA | Ditengah pandemi Covid-19 Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III beserta permaisuri Andi Hikmawati Kumala Idjo tak menyurutkan berziarah kubur dimakam Ayahandanya Andi Idjo Karaeng Lalolang Sultan Muhammad Aiduddin yang juga Raja Gowa ke-36 dan Dimakam saudaranya Andi Maddusila Idjo Karaeng Katangka Sultan alauddin II Raja Gowa ke-37 serta makam saudara yang lainnya dikompleks makam raja-raja gowa dikatangka senin,25/5/2020.

Terik siang menyengat tak menghalangi niat Raja Gowa Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang berdoa di pusara Ayahandanya dan saudara yang lainnya yang telah mendahului.

Bersama beberapa anggota keluarganya, Raja gowa terlebih dahulu berziarah ke makam ayahandanya Raja Gowa ke36 Andi Idjo Karaeng Lalolang yang dimakamkan pas depan mimbar utama Mesjid Tua Katangka terus dilanjutkan kemakam ibundanya lanjut kemakam saudaranya Raja Gowa ke37 Andi Maddusila karaeng Katangka dan Makam saudara yang lainnya.

Ini agenda pribadi saya dan sebagai tradisi kita menghormati leluhur, menghormati sejarah kita.Kegiatan ziarah kubur yang dilakukan Raja Gowa Andi Kumala Idjo karaeng lembang parang hampir setiap saat dilakukan bukan hanya pada lebaran tiba, selain untuk mengingat keluarga, juga turut melestarikan budaya kepada generasi muda. Terutama untuk keturunannya saat ini. Hal ini dilakukan agar, pengetahuan terhadap sejarah dan budaya yang dimiliki kerajaan Gowa, tidak habis dimakan waktu. “Apalagi saat ini saya sudah tidak muda. Sekarang ada anak,keponakan dan cucu sembari belajar mengenai sejarah keluarga kami,”

“Yang penting kita tetap ikuti aturan pemerintah, pakai masker dan cuci tangan sehabis berziarah,” ujar Raja Gowa

Laporan: Andi Arfan Idjo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed