oleh

Dari Total 5.990 Unit Rumah Tidak Layak Huni, Hanya Terdapat 330 Unit Yang Berhasil Ditangani Pemerintah

TOPIKTERKINI-NIAS UTARA –Dalam agenda tunggal sidang paripurna istimewa DPRD Nias Utara tentang LKPJ Bupati Nias Utara akhir tahun anggaran 2019 yang digelar pada Jum’at(29/05/2020) di aula DPRD Lt. III menyatakan bahwa dari total 5.990 unit rumah tidak layak huni, hanya 330 unit yang berhasil ditangani pemerintah daerah melalui Dinas Perkim . Dimana, terdapat 206 unit yang dibangun pada tahun 2018 dan 124 unit pada tahun berikutnya. Itu artinya terdapat 5.660 unit yang masih terbengkalai.

Dewan menilai program ini tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan, padahal merupakan pemenuhan hak dasar masyarakat.

Sementara itu, DPRD juga menyoroti Dinas Perkim soal kepemilikan aset/tanah pertapakan sekolah, puskesmas, Pustu, poskesdes, pasar tradisional dan kantor pemerintah. Setelah diidentifikasi, hanya terdapat 61 bidang tanah yang terinfentarisir dan hanya 16 bidang tanah diantaranya yang telah bersertifikat.

Lebih lanjut, DPRD Nias Utara mengungkapkan bahwa Kepala Dinas Perkim Yulius Zai tidak dapat menjelaskan soal perubahan bidang pengembangan dan pengelolaan irigasi yang menjadi urusan Dinas PUPR sebagaimana amanat Perda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed