oleh

Terungkap! Target Capaian PAD Nias Utara Pada Tahun 2019 Hanya Kisaran 40-60%

TOPIKTERKINI-NIAS UTARA – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nias Utara menemukan bahwa capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun anggaran 2019 tidak sesuai harapan, Pemerintah Daerah hanya mampu berkutat pada persentase 40-60% saja. Senin 01/06/220.

Hal itu terungkap dalam catatan strategis di Rapat Paripurna DPRD tentang LKPJ Bupati Nias Utara akhir tahun 2019 yang di gelar pada Jum’at (29/05/2020) di aula DPRD Nias Utara Lt III.

Pansus yang dipimpin Arimei Zega tersebut menjabarkan bahwa hanya Dinas Lingkungan Hidup yang melebihi target PAD, sementara Dinas Perikanan nihil atau tidak memperoleh sepeser pun PAD.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sejumlah OPD teknis, antara lain: Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta jaringan/sarana air bersih yang dikelola Dinas PUPR tidak dikelola dengan baik. Sehingga belum memberikan return bagi daerah lewat mekanisme pajak dan retribusi.

Untuk itu, DPRD Nias Utara merekomendasikan kepada pemerintah agar menyusun kebijakan daerah dalam bentuk regulasi tingkat daerah tentang pengelolaan aset-aset daerah sehingga dapat dikelola secara maksimal. DPRD juga meminta Pemerintah daerah agar meningkatkan penyertaan modal di PT. Bank Sumut karena sangat efektif mendongkrak PAD. (Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed