oleh

Pemdes dan BPD Lasara Bahili Lakukan Validasi, Verifikasi, Finalisasi serta penetapan Penerima BLT-DD

TOPIKTERKINI-GUNUNGSITOLI-Adanya bencana non alam yang disebabkan oleh penyebaran Covid-19 berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam rangka penanganan dan penyebaran Covid-19 yang khususnya di desa melalui penggunaan Dana Desa dapat digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) kepada penduduk miskin di Desa.

BLT Dana Desa merupakan program pemerintah pusat sebagaimana tercantum pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Nomor 11  Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 40/PMK/07/2020 tentang Perubahan Atas Peranturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Dalam rangka pengelolaan dana desa melalui penyaluran BLT-DD kepada penduduk miskin, pemerintah desa melaksanakan Musyawarah Desa dengan agenda validasi, finalisasi, dan penetapan Data Rumah Tangga Calon Penerima BLT Dana Desa.

Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT-DD ini dipandu dan diawasi langsung oleh Anggota BPD sesuai wilayah kerjanya

Tentang Mekanisme Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), sasaran penerima BLT-DD adalah keluarga miskin non PKH atau yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exclusion error).

Dalam rangka menetapkan daftar penerima BLT-DD, Pemerintah Desa Lasara Bahili serta BPD melakukan kegiatan verifikasi dan validasi BLT-DD pada Minggu (07/06) bertempat di aula losd SM dusun 1 Desa Lasara bahili, Jl.Mistar, kecamatan Gunungsitoli dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Dalam amatan pantauan wartawan, Hadir dalam kegiatan musyawarah tersebut:

– Adiman perwira harefa (ketua bpd)
-David mathias hulu (wakil bpd)
– Alvons cahyadi zebua (sekretaris bpd)
– Serius zai (anggota bpd)
– desman hulu (anggota bpd)
– hatisaro zebua (anggota bpd)
– mesiteling hulu (anggota bpd)

– tanobadodo zebua (pj.kades)
– trisman ziduhu hulu (sekdes)
– krista imanda hulu (bendahara)
– nova elida zebua (kasi pemerintahan)
– anugerah tatema hulu (kasi pelayanan)
– elbrain ifoanoita laoli (kasi kesejahteraan)
– suprianto hulu (pendamping lokal desa)
– septianus hulu (kadus)
– ferikristian zebua (kadus 2)
– donni natalius zendrato (kadus 3)
– roslinda harefa (ketua pkk)
– maria hura (kpmd)
– meiwan kristiani zebua (staf pemdes)
– deskristian restu zebua (staf bpd), dan sejumlah Tokoh masyarakat Desa Lasara Bahili Kecamatan Gunungsitoli.

Langkah pertama yang dilakukan Pemdes Lasara Bahili adalah mengelompokkan keluarga miskin penerima PKH, BPNT, BPNTD dan BLT Kemensos.

Kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi dan validasi, yang dianggap layak menerima Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa ini.

Proses validasi berlangsung -/+ 3 jam, di mulai Pukul 16.00 WIB S/d, Pukul 19:30 WIB. Acara berjalan lancar dan tertib, meskipun muncul banyak pendapat, karena tim pendata dan kepala Dusun saling beradu argumen dalam membandingkan antara kondisi si A dengan si B dengan si C baik dari aspek ekonomi maupun kriteria lain akibat dampak Covid-19 ini. namun pada akhirnya Musyawarah selesai dengan baik. Karena dinamika yang muncul dari peserta musyawarah sangat aktif dan hidup.

Pemerintah Desa wajib mengalokasikan dan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk meringankan beban masyarakat akibat adanya Covid-19. Penyaluran BLT-DD nantinya akan dilaksanakan beberapa hari kedepan yang tidak cukup lama, oleh Pemerintah Desa dalam bentuk Uang Tunai.

Keluarga  yang layak dan memenuhi kriteria dalam pendataan akan mendapatkan BLT-DD yang akan diberikan sebesar Rp.600.000, (enam ratus ribu rupiah)

Dalam sambutan ketua BPD beserta jajarannya menyampaikan tujuan diadakannya Musdes. bahwa pengaruh Covid-19 yang berdampak pada semua aspek kehidupan, terutama dampak ekonomi ini perlu langkah yang cepat dan tepat untuk mengatasinya salah satunya dengan BLT- DD ini. Untuk itu perlu ada data yang tepat warga terdampak Covid 19 guna menghindari gesekan dan ketidaktepatan sasaran dalam penyaluran bantuan tersebut

Pada kesempatan tersebut, Ketua BPD Lasara Bahili, Adiman perwira Harefa, S.Th, M.Si menyampaikan bahwa dalam menetapkan calon penerima BLT-DD agar berpedoman kepada petunjuk teknis terkait BLT-DD ini untuk menghindari kesalahan pengambilan keputusan dan meminta agar setiap kepala Dusun memperhatikan bahwa Penerima BLT-DD ini adalah orang-orang yang benar-benar terdampak Covid-19 dan bukan termasuk di PKH, BPNT dan bantuan perluasan.

“Saya berharap pemerintah desa berpedoman pada petunjuk teknis terkait BLT-Dana Desa untuk meminimalisir kesalahan dan yang berhak menerima BLT- Dana Desa ini adalah orang-orang yang benar-benar terdampak Covid-19 dan bukan termasuk di PKH, BPNT dan bantuan perluasan,” tutur Adilman perwira.

“Sekedar untuk diketahui bahwasannya dari hasil Musdes ada 101 rumah tangga miskin yang layak menerima manfaat bantuan dari dana desa Rp 600 ribu,” pungkasnya.

Dilaksanakan musyawarah ini Sebagai bentuk transparansi pemerintah Desa Dalam pendataan dan penyaluran BLT, semoga kedepannya tidak ada lagi hambatan dan semoga Penyaluran BLT Nanti dapat berjalan lancar dan Bisa membantu warga masyarakat Desa Lasara Bahili yang terdampak Covid 19,” Musyawarah sudah kita laksanakan secara terbuka, tidak ada yang kita tutupi, semua pendataan sesuai petunjuk dan aturan,” jelas Adilman.

Terkait dengan Calon Penerima BLT Dana Desa yang masing-masing Perdusun yang sudah diusulkan ditampung oleh Tim Khusus dari Relawan Covid-19 kemudian diranking, diverifikasi dengan data-data penerima bantuan lainnya. BLT DD harus tepat sasaran karena jika tidak maka akan ada sanksi hukumnya.

Kades lasara bahili juga berharap dengan adanya BLT-DD tersebut dapat membantu kondisi ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19.

“Kepada masyarakat Desa yang menerima BLT-DD mudah-mudahan bantuan tersebut dapat membantu Bapak/Ibu ditengah wabah Covid-19 ini dan mudah-mudahan virus covid-19 ini cepat berlalu sehingga kita bisa beraktivitas seperti biasa,” dan diharapkan agar memberikan pengertian kepada warganya mengingat banyaknya jenis bantuan yang ada di masyarakat,harap kades.

“Semoga BLT DD ini tepat sasaran dan benar-benar membantu perekonomian warga masyarakat Desa Lasara Bahili.”

Di sela-sela rapat Babinsa Desa Lasara Bahili
serda soza mendrofa, menyampaikan kepada Pemdes Lasara Bahili, untuk bisa Transparan dalam mengelola Anggaran Dana Desa yang di peruntukan masyarakat serta program yang akan dilaksanakan di desa kita ini bisa tepat sasaran kepada masyarakat dan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Sebagai pihak yang ikut monitoring penggunaan dana desa sesuai dengan implementasi MOU antar TNI / Polri, Kemendagri, Dan Kementrian Desa Dalam Rangka Pengawasannya,Kami sebagsi Babinsa, mengingatkan kepada Kepala Desa dan jajarannya agar bisa Transparan dan Akuntabel dalam mengelola dana desa serta Program yang akan dilaksanakan bisa tepat sasaran kepada masyarakat agar lebih sejahtera masyarakatnya “,ujar serda soza mendrofa.

Sebab, menurutnya, Transparansi dan Keterbukaan Kepada masyarakat di era saat ini dalam mengelola Anggaran dana desa Sudah menjadi wujud lahirnya Anggaran yang besar untuk dinikmati rakyat terhadap program-program yang akan menyentuh langsung kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa ada peningkatan taraf hidupnya dan terasa hasil pembangunannya.

“Dengan itu, kami berharap bahwa rapat Musdes tentang rencana kerja kepala desa nanti bisa berjalan dengan baik, serta menjaga situasi Kamtibmas diwilayah kecamatan Gunungsitoli khususnya Desa Lasara Bahili agar tercipta sitausi yang aman dan kondusif ditengah Pandemik yang melanda warga dan negara Indonesia hari ini”,harap serda soza mendrofa.

Selain itu, kami juga menghimbau kepada masyarakat Desa Lasara Bahili dan peserta rapat sekalian untuk bersama-sama mematuhi himbauan pemerintah dan Maklumat Kapolri serta Fatwa MUI terkait situasi Covid-19 atau Virus Corona agar tetap menjaga kesehatan diri masing-masing,rajin hidup bersih dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan benar, selalu memakai masker jika diluar rumah, hindari berkumpul maupun berkerumun dan melakukan Pysical Distancing, imbunya. (EFC)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed