oleh

Seri Ngobrol (SN) LAPAKKSS 3 – Budaya Kreatif di Era Kenormalan Baru

TPPIKTERKINI.COM – MAKASSAR | Untuk ketiga kalinya, Lembaga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKKSS) telah menyelenggarakan Seri Ngobrol (SN) lewat aplikasi Zoom. SN#1 telah berlangsung Rabu 20 Mei 2020 – pukul 15.30 – 17.00 wita, Tema “Pasca Pandemi Covid-19: Yang Pupus dan Yang Tumbuh. SN#2, Rabu, 10 Juni 2020, Asli Indonesia dan Adaptif terhadap Kenormalan Baru, bagaimana dengan budaya Halal bi Halal?. Dan SN#3, Minggu, 5 Juli 2020, Pukul 14.00 – 16.00 WITA – Teman Budaya Kreatif di Era Kenormalan Baru.

Pemantik diskusi: Prof. Dr. Karta Jayadi, Wakil Rektor Universitas Negeri Makassar dan Yudhistira Sukatanya -Seniman-penulis. Pengantar diskusi Ketua Umum LAPAKKS Dr. Dr. H. Ajiep Pandindang, SE., MM – Anggota DPR RI. DanModerator: Luna Vidya- Penggiat Satra dan Komunikasi Kreatif.

Gagasan SN#3, Kerapkali, peristiwa pada suatu masa, menampilkan ekspresi budaya yang khas. Berbagai kemungkinan munculnya kreatifitas masyarakat, tumbuh, berkembang dalam lintasan masa normal lama, masa pandemi, masa kenormalan baru. Kreativitas adalah jejak ekspresi, tanggapan berupa aksi dan reaksi masyarakat menyikapi, menyiasati peristiwa yang terjadi disekitarnya, penanda keberlanjutan keberadaannya.
Jika kreatifitas dipersepsi sangat dipengaruhi oleh peristiwa di era tertentu, apakah gagasan “menyongsong Era Kenormalan Baru”, dapat menggerbangi hadirnya gagasan “budaya kreatif baru”?

Tujuan Budaya Kreatif di Era Kenormalan Baru di SN#3, Memberi ruang pemikiran alternatif tentang kreatifitas sebagai daya tanggap warga atas peristiwa di era tertentu. Memperkaya ruang pemikiran peserta diskusi tentang ekspresi kreatifitas dan pengembangannya dalam area seni budaya di kalangan seniman.

Untuk zoom meeting akan diberikan kepada pendaftar. Silahkan kontak Narahubung Jamal Andi (WA-081124228566) dan Rachim Kallo (Wa-085394093833).

(rk)

Komentar

News Feed