oleh

Tentara Pakistan mengatakan pesawat mata-mata India ditembak jatuh di Kashmir

TOPIKTERKINI.COM – PAKISTAN: Militer Pakistan pada hari Minggu mengatakan pihaknya menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata India yang terbang ratusan meter ke Kashmir yang dikelola Pakistan, yang merupakan penurunan drone India yang kesembilan tahun ini.

Pernyataan militer itu mengatakan pesawat tak berawak itu ditembak jatuh di desa perbatasan Mata Air Panas Kashmir, wilayah Himalaya yang disengketakan yang terbagi antara India dan Pakistan dan diklaim oleh keduanya secara keseluruhan. Tidak ada komentar langsung dari India.
Pakistan sering mengklaim jatuhnya drone mata-mata India di Kashmir, tempat kedua belah pihak kerap berdagang juga.

Perkembangan terakhir terjadi dua minggu setelah India dan Cina bentrok di sepanjang perbatasan berbeda yang diperdebatkan tinggi di Himalaya, menyebabkan 20 tentara India tewas. Pakistan menyalahkan New Delhi karena meningkatkan ketegangan dengan China, teman lama Islamabad.

Hubungan antara Pakistan dan India telah tegang atas Kashmir sejak Agustus lalu, ketika New Delhi mencabut status semi-otonomi Kashmir yang mayoritasnya berpuluh-puluh tahun, yang memicu kemarahan di Kashmir yang dikuasai India dan di Pakistan.

Kedua negara telah waspada maksimum sejak Februari 2019, ketika Pakistan mengatakan mereka menembak jatuh dua pesawat tempur India di Kashmir dan menangkap seorang pilot, sebagai tanggapan atas serangan udara oleh pesawat India yang menargetkan gerilyawan di dalam Pakistan. India mengatakan serangan itu menargetkan gerilyawan yang bermarkas di Pakistan yang bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri yang menewaskan 40 tentara India di bagian Kashmir yang dikuasai India.

Sejak mendapatkan kemerdekaan dari kekuasaan Inggris pada tahun 1947, kedua negara tetangga yang bersenjatakan nuklir itu telah berperang dua kali melawan Kashmir. – AN

Editor: Uslom

Komentar

News Feed