oleh

Tingkatkan Kapasitas Pelaku Wisata, Dispar Bantaeng Gelar Pelatihan

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Hari kedua pelatihan Tata kelola Destinasi yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng di Hotel Ahriani, Selasa 7/7/2020.

Ilham Junaid pemateri dari Politeknik Pariwisata menyebut Pelatihan bagi pelaku usaha adalah bagian dari upaya meningkatkan kemampuan dengan memaksimalkan sumber daya yang ada.

Pemateri Ilham Junaid dan Nur Salam, menyampaikan materi di pelatihan Tata Kelola Destinasi di Hotel Ahriani, Selasa 7 Juli 2020.

“Pelatihan ini adalah salah satu upaya untuk mendorong meng-upgrade keterampilan pengetahuan para peserta pelatihan” jelas Ilham. Dengan memanfaatkan sumber daya manusia juga potensi yang ada di destinasi itu sendiri, tambahnya

Selain itu masih Ilham juga menambahkan bahwa pelatihan ini juga memberi pemahaman tentang prinsip-prinsip tata kelola destinasi khususnya daya tarik wisata yang ada di Bantaeng, papar Ilham.

Daerah ini (Bantaeng, Red) punya potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai destinasi unggulan di sebelah selatan tetapi membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten, tutur Ilham. Selain itu kita perlu memanfaatkan informasi dan teknologi, kata Ilham

Penggunaan media sosial juga disebut Ilham penting untuk dioptimalkan. “Melalui penggunaan media sosial penggunaan website dan sistem informasi pariwisata lainnya maka secara tidak langsung masyarakat kita akan mendapatkan manfaat dari pemanfaatan teknologi ini ini tentu usaha mereka bisa terjual atau terformat para pelaku usaha pariwisata ini akan bisa bertahan karena adanya Kerjasama yang terjalin antara berbagai kelompok masyarakat kita sebut di pariwisata itu sebagai tempat pariwisata atau sekunder pariwisata”,tutur Ilham.

Pelatihan yang berlangsung interaktif ini dimanfaatkan dengan baik oleh peserta. Salah seorang peserta yang mewakili pelaku usaha Pantai Seruni Hamka, menanyakan upaya yang dapat dilakukan pelaku usaha seperti dirinya, agar wisata kuliner yang terdapat dipantai seruni mendapatkan perhatian dari pengunjung tidak hanya pengunjung lokal namun pantai seruni bisa menjadi magnet bagi pelancong yang datang dari luar daerah.

Pertanyaan Hamka dijawab lugas pemateri. “tingkatkan kualitasnya dan merubah wujud yang sudah ada sebelumnya dan sudah dikenal, itu bisa berubah menjadi bentuk lain atau diolah berbeda dari wujud sebelumnya, jawab Nur Salam.

Acil sapaan akrab Nur Salam, mencontohkan Kuliner Jagung marning ketika dirubah wujudnya orang-orang yang baru maupun yang sudah merasakan wujud sebelumnya tentu akan berkata “wah ini lain lagi nih”, jelas Acil

jadi intinya kata Acil pelaku usaha harus mampu berinovasi kemudian produknya ditambah supaya ada ciri khas dari Bantaeng, tuturnya.

Kalau produk lokal yang dikembangkan untuk meningkatkan penjualan atau kunjungan kepada tamu disebut sebagai oleh-oleh, pungkas Acil.

Laporan :

Komentar

News Feed