oleh

Evaluasi Seri Ngobrol SN LAPAKKSS

TOPIKTERKINI.COM – MAKASSAR | Seri Ngobrol (SN) virtual yang di selenggarakan Lembaga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKKSS) selama ini, dari SN#1, SN#2 hingga SN#3, siang kemarin (21/07/2020) di Sekretariat JL. Topaz Raya Ruko Zamrud Blok D20, Kel. Masale, Kec. Panakukang, Kota Makassar melaksanakan rapat evaluasi pun persiapan pelaksanaan SN#4 di hari jumat mendatang.

Tim SN Lapakks, Yudhistira Sukatanya (Pengarah), Luna Vidya (Moderator), Jamal Andi dan Rachim Kallo (Narahubung). Salah satu bahasannya evaluasi SN yang telah dilaksanakan, dimana tujuan akhir, penerbitan buku.

Seri Ngobrol Lapakks sejak awal berkapasitas 100 orang untuk ruang zoom, namun mengutamakan obrolannya bukan banyaknya peserta, sehingga menjadi pembeda dengan webinar lain yang di selenggarakan beberapa komunitas. Apakah model ini akan di rubah dengan mengejar jumlah peserta, apa tidak sebaiknya di selesaikan sampai SN#5 sesuai target untuk menulis buku.

Kalimat kutipan di atas mencuat dalam rapat. Luna Vidya menanggapinya, kita tidak mau mengejar banyak orang, dan kita juga tidak mau obrolan satu arah, paling tidak narasumber satu-satunya kebenaran, dan kemudian ada panelis – orang-orang tertentu yang menanggapi.

”Konsep kita adalah Ngobrol. Dimana semua peserta yang ikut di setiap SN bisa ngobrol, ikut nimrung bicara. Menjadi narasumber itu bukan satu-satunya kebenaran untuk di dengar, namun pemantik diskusi yang memberi bingkai pembicaraan.”sambung aktris monolog.

Luna menambahkan, kalau pembicaraan melenceng dari konteks yang dibicarakan, disitu tugas moderator untuk merangkumnya saja. Tidak usah membenar-benarkan satu orang saja tapi mengumpulkan sedapat-dapatnya, apa yang di obrolkan itu. Sehingga pembicaraan tersebut kita bawah lagi di SN berikutnya, karena setiap SN tidak pernah di tuntaskan.

Menurut Yudhistira Sukatanya selaku pengarah mengatakan, style ini jangan di rubah sampai SN#5, karena menjadi model kita. Pencapaian akhir adalah menulis buku, seperti rangkuman pemikiran dari Lapakkss.

Dalam rapat itu, di sepakati, setiap peserta akan di berikan Tor SN#4 dan link ID, agar setiap orang peserta sudah punya frame work sebelum mengikuti seri ngobrol virtual lapakkss.

(rk)

Komentar

News Feed