oleh

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Panen Raya Jagung Kuning di Jeneponto

TOPIKTERKINI.COM – JENEPONTO | Pesawat Helikopter Air pasific PK jenis JTZ H-130 yang dinaiki Rombongan kedatangan menteri pertanian (mentan) RI. DR. Ir. Sayarul Yasim Limpo SH.MSI.MH. mendarat dilapangan Bola wilayah kecamatan Tamalatea kabupaten jeneponto Sul-sel kamis  29/7/2020

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Panen Raya Jagung Kuning di JenepontoRombongan kunjungan kerja mentan tersebut, yang dirangkaikan dengan panen raya jagung kuning musim gadu 2020 di wilayah Desa Karilayu kecamatan Tamalatea kabupaten jeneponto Sul-sel

Kedatangan mentan di sambut langsung oleh bupati dan wakil bupati jeneponto serta di dampingi seluruh  unsur muspida dan OPD sekabupaten jeneponto.

Pendaratan helyped rombongan mentan SYL bersama sejumlah dirjen kementrian pertanian dilapangan Bola kecamatan Tamalatea sempat menjadi tontonan warga masyarakat.

Syahrul Yasim limpo bersama rombongan setelah mendarat langsung menuju lokasi panen raya di desa Karilayu dengan menaiki mobil yang telah di sediakan dan di kawal ketat oleh sejumlah petugas pihak keamanan TNI dan kepolisian di dampingi masing-masing pimpinan DANDIM 1425 Letkol Inf. Irfan Amir dan Kapolres AKBP Ferdiansyah  Sik.

Laporan sambutan bupati jeneponto Iksan Iskandar di lokasi mentatakan bahwa, pertama -tama kami ucapkan banyak terimah kasih atas kedatangannya daerah Turatea ini, dan menyampaikan bahwa,  di kabupaten jeneponto ini kurang kebih 70 ribu hektar potensi lahan tanah untuk dapat ditanami jagung kuning setiap tahunnya.

Hanya saja petani jeneponto pada umumnya menginginkan pengadaan bibit jagung kuning yang cocok untuk ditanam di jeneponto yaitu bibit jagung bisi 18.”katanya”

Selain itu, bupati dua periode ini juga menyapaikan terkait bendungan waduk kariloe untuk dapat disampaikan kepada menteri PUPR pertanian agar lebih cepat diselesaikan pembangunannya agar secepatnya dapat mengairi lahan sawah pertanian dijeneponto “harapnya”.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Panen Raya Jagung Kuning di JenepontoSedangkan Mentan Syahrul Yasim limpo dalam sambutannya menginginkan kepada semua pemanku jabatan jangan ada yang memandan biasa-biasa saja kondisi saat ini yang melanda dunia khusus indonesia.

Mari kita bersama-sama membela Rakyat, bangsa dan negara kita, jangan sampai dua tahun kedepan ada warga yang kelaparan, mengingat sejumlah negara mengalami penurunan ekonominya seperti halnya malaysia pertumbuhan ekonominya turun sekitar 17% Amerika ekonominya turun sekitar 20% lebih “bebernya.”

Adapun sumbangan kementrian pertanian kepada kabupaten jeneponto sebanyak senilai 24 miliar, selain juga dia SYL berjanji  pengadaan bibit jagung kuning yang di inginkan petani jeneponto akan saya siapkan  bisi 18, janjin mentan tersebut digadapan warga yang hadir.

Lanjut mentan SYL mengatakan bahwa  yang terpenting juga melihat hamparan yang luas ini namun dengan tidak adanya mesin pengeringan, (penggiling) maka saya sampaikan kepada dirjen untuk dibangun hal tersebut, termsuk dana KUR baik dari BRI maupun dari BNI, dapat digunakan, katanya

Pihak TNI, kepolisi dan kajari diminta bisa turun tangan untuk bantu pemerintah daerah penggunaan hamparan yang luas ini demi meningkatkan produksi ketahanan pangan  sektor pertanian “pinta mantan gubernur sul-sel dua periode.

Laporan: Mahmud Sewang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed