Harapkan perdamaian, Kabul mulai membebaskan tahanan Taliban

TOPIKTERKINI.COM – KABUL: Setelah penundaan berbulan-bulan, pemerintah Afghanistan telah mulai membebaskan 400 narapidana Taliban terakhir dalam tahanannya, membuka jalan untuk pembicaraan damai yang telah lama ditunggu-tunggu, para pejabat mengkonfirmasi pada hari Jumat.

Delapan puluh dari 400 orang dibebaskan pada hari Kamis dan menurut pemerintah, lebih banyak lagi akan dibebaskan dalam beberapa hari mendatang.

Pembebasan itu merupakan syarat untuk memulai negosiasi intra-Afghanistan untuk mengakhiri konflik 19 tahun di negara yang dilanda perang itu.

Pembicaraan yang sudah ditunda dua kali, diharapkan berlangsung di Qatar setelah proses rilis selesai.
“Pembebasan itu untuk mempercepat upaya pembicaraan langsung dan gencatan senjata nasional yang langgeng,” kata Dewan Keamanan Nasional Afghanistan dalam sebuah pernyataan yang disertai dengan rekaman video yang menunjukkan mantan narapidana Taliban menyerukan para pemimpin pemberontak dan pemerintah untuk terlibat dalam pembicaraan damai. .

Pembebasan tahanan mengikuti perjanjian yang ditandatangani oleh AS dan Taliban di Qatar pada bulan Februari yang menetapkan pertukaran tahanan antara pemerintah Presiden Ashraf Ghani dan militan, yang telah memperoleh dukungan dalam beberapa tahun terakhir.

Proses tersebut, yang melibatkan 5.000 tahanan Taliban yang ditahan oleh Kabul dan 1.000 pasukan keamanan yang dipenjara oleh para militan, dijadwalkan dimulai pada awal Maret dan seharusnya diikuti dengan dialog intra-Afghanistan.

Ghani, yang awalnya menolak gagasan membebaskan narapidana Taliban, mulai membebaskan mereka di bawah tekanan AS.

Sekitar 4.600 narapidana Taliban dibebaskan selama beberapa bulan terakhir, tetapi Ghani menolak untuk membebaskan 400 yang tersisa, dengan alasan mereka berada di balik serangan besar yang mematikan dan bahwa membebaskan mereka berada di luar kewenangannya.

Dihadapkan pada tekanan yang meningkat, setelah liburan Idul Adha dua minggu lalu, presiden berjanji untuk memanggil majelis besar tradisional, Loya Jirga, untuk membantunya memutuskan apakah sisa narapidana Taliban harus dibebaskan atau tidak.

FAKTA CEPAT

Rekaman yang menunjukkan pria berseragam memutilasi tubuh anggota Taliban yang diklaim menjadi viral di media sosial minggu ini, meningkatkan kekhawatiran bahwa kekerasan antara pasukan keamanan dan militan dapat menghalangi proses perdamaian meskipun tahanan telah dibebaskan.

Pekan lalu, majelis menyetujui rilis tersebut, yang sekarang sedang berlangsung dan diharapkan akan diikuti dengan pembicaraan damai, sesuai dengan kesepakatan AS-Taliban.

Prosesnya, bagaimanapun, bertepatan dengan lonjakan kekerasan di negara itu dan tuduhan timbal balik atas peningkatan serangan oleh Taliban dan pasukan pemerintah Afghanistan.

Pada hari Kamis, Kementerian Pertahanan mengatakan sedang menyelidiki video yang beredar di media sosial yang menunjukkan pria berseragam tentara memutilasi tubuh yang diklaim sebagai pejuang Taliban.

PBB meminta agar insiden itu diselidiki. Masih belum jelas kapan dan di mana itu terjadi.

Taliban, dalam sebuah pernyataan, mengatakan tubuh pejuang mereka dimutilasi di distrik Arghandab di provinsi Zabul.

Kekhawatiran meningkat bahwa tindak kekerasan serupa akan semakin menunda proses perdamaian.
“Mari kita berharap video ini tidak menjadi bagian dari aksi balas dendam antara kedua belah pihak dan mempengaruhi proses perdamaian. Sangat disayangkan, “kata analis Shafiq Haqpal kepada media.

“Saat kekerasan berlanjut, kami melihat taktik yang lebih brutal dan mengejutkan dari sisi dan contoh pembalasan dendam, itu sangat mengkhawatirkan dan berdampak pada kepercayaan apa pun dalam proses perdamaian,” Shaharzad Akbar, kepala Komisi Hak Asasi Manusia Independen Afghanistan, kata dalam sebuah posting Twitter pada hari Kamis.

“Ini adalah kepemimpinan kedua belah pihak untuk memiliki pesan yang jelas kepada pejuang mereka untuk menghindari kejahatan perang dan tindakan yang meningkatkan naluri untuk balas dendam yang akan membuat rekonsiliasi yang seharusnya keluar dari proses perdamaian menjadi sulit,” tambahnya.

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *