oleh

LAKSANAKAN SOSIALISASI EMPAT PILAR MPR RI, AJIEP PADINDANG AJAK PEMUDA JAGA NASIONAISME DAN JATIDIRI BANGSA

TOPIKTERKINI.COM — MAKASSAR : Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang,SE.,MM., melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR

RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika), bekerja sama dengan Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan. yang dilaksanakan di Makassar, Senin (24/08/2020).

Sosialisasi di hadiri Ketua Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Farouk M. Betta, M.M, 150 peserta dari Pengurus Karang Taruna Provinsi dari Pengurus Karang Taruna Kota Makassar, Kab. Gowa dan Kab. Maros. Karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, Sosialisasi dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan dan dibagi ke dalam dua tahap untuk menghindasi kerumunaan massa dalam jumlah besar.

Dalam sambutannya, Ketua Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Farouk M. Betta, M.M. menyampaikan ucapapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang,SE.,MM., karena memberikan kepercayaan kepada Karang Taruna
sebagai mitra dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

“Kami menyampaikan terima
kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Anggota MPR RI Bapak Dr.H.Ajiep
Padindang,SE.,MM. Di Karang Taruna biasa kita sapa Kak Ajiep. Kak Ajiep, senior kita lanjut Aru (sapaan akrab Ir. Farouk M. Betta, M.M.) yang banyak menginspirasi kita, terlebih Kak Ajiep pernah menjabat Ketua Karang Taruna Sulsel selama dua periode, dan saat ini masih menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Karang Taruna Sulsel.”

Dalam pengantar sebelum membuka acara, Ajiep Padindang yang juga sebagai Angota DPD RI menyampaikan bahwa Sosialisasi Empat Pilar MPR RI adalah program MPR RI untuk memasyarakatkan Pancasila sebagai Dasar Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara. Empat Pilar tersebut sesunguhnya merupakan Konsesus Nasional untuk menyatukan Bangsa Indonesia yang demikian besar dan majemuk.

Dihadapan peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, mantan Ketua Karang Taruna Sulsel dua periode tersebut mengajak warga Karang Taruna menjaga rasa nasionalisme dan jati diri bangsa yang harus dimulai dari kesadaran diri sendiri, keluarga dan seterusnya ke masyarakat. Memupuk rasa nasionalisme dan jati diri bangsa dapat dilakukan dengan suatu gerakan cinta tanah air dan nilai-nilai kebangsaan. Karenanya nilai-nilai tersebut harus kita jaga, lestarikan, dan dimasyarakatkan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam sesi tanya jawab, salah satu pertanyaan yang mengemuka adalah setelah reformasi Penataran P4 dihapus sehingga pemahaman terhadap Pancasila juga semakin memudar.

Bagaimana upaya meningkatkan kembali pemahaman nilai-nilai Pancasila khususnya
dikalangan pelajar dan generasi muda ? Menjawab pertanyaa tersebut, Anggota MPR RI bergelar Doktor tersebut menyampaikan,

“Saat ini memang kita prihatin melihat perilaku generasi muda yang cenderung semakin liberal, akibat pemahaman dan sikap terhadap nilai-nilai luhur bangsa yang semakin memudar. Di Masa Orde Baru memang Pendidikan Pancasila melalui Penataran P4 begitu intens dilaksankan.

Fungsi ini dilaksanakan oleh Lembaga Negara BP7. Saat ini juga telah dibentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
(BPIP) namun pelaksanaan fungsinya belum kelihatan. Karenanya Pendidikan Pancasila
harus dikembalikan ke sekolah-sekolah untuk pembentukan karakter bangsa. Saat ini, Lembaga Negara yang paling intens memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila adalah MPR RI melalui Program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Seminar Empat Pilar MPR RI, Dengar Pendapat dengan Masyarakat, dan Penjaringan Aspirasi Masyarakat.” Pungkas mantan Anggota DPRD Prov. Sulsel empat periode tersebut.

Penulis : Rachim Kallo
Editur : Abd. Rahman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed