oleh

Banjir di Desa Toima Berangsur Surut

TOPIKTERKINI.COM – BANGGAI: Kondisi banjir di Desa Toima, Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Sulteng yang merendam puluhan rumah pada Minggu siang (6/9/2020) saat ini telah berangsur surut.

Warga Desa Toima Vanny di hubungi media ini mengatakan, banjir mulai surut sekitar pukul 17.00 Wita. Namun demikian banyak rumah warga yang terendam air.

“Ada sekitar 40 lebih rumah yang terkena dampak, termasuk rumah saya juga ikut terendam” kata Vanny.

Pemilik rumah terencdam banjir sebagian mengungsi ke rumah keluarga atau kerabat yang tidak terkena dampak.  “barang barang berharga diungsikan ke tempat ketinggian, mengingat banjir susulan” kata Vanny.

Banjir yang merendam puluhan rumah tersebut di sebabkan intensitas curah hujan cukup tinggi di wilayah Kecamatan Bunta, akibtanya sungai Matabas meluap dan merebes ke pemukiman warga. Luapan air juga merendam jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Bunta – Luwuk, arus lalulintas sempat macet sekitar 1 Jam. Ketinggian air  yang merendam rumah warga sekira 10 – 20 Cm.

Desa Toima menjadi salah satu daerah langganan banjir. Pada 9 Juli 2020,  lebih dari 40 rumah warga terendam banjir.  Untuk mengantisipasi banjir susulan dan luapan air, Pemda Banggai menurunkan alat berat melakukan perbaikan aliran sungai dengan membuat tanggul.

Liputan: Ahmad Labino

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed