oleh

Sukseskan Kegiatan World CleanUp Day 2020, Pemda Jeneponto Gandeng Relawan WCD

TOPIKTERKINI.COM, JENEPONTO –Menindaklanjuti surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan nomor surat s. 333/PSUB/PS/PLB.0/8/2020 tentang kegiatan World Clean Up Day 2020 (WCD), Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto segera menindak lanjuti surat tersebut dengan membicarakan mengenai pelaksanaan kegiatan tersebut pada coffe morning di ruang pola Pemkab Jeneponto. (Senin, 07/09/2020).

Dalam coffe morning tersebut Bupati Jeneponto Iksan Iskandar memerintahkan kepada seluruh SKPD untuk terlibat dalam kegiatan hari bersih sedunia tersebut.
“Semua SKPD harus terlibat dalam kegiatan WCD ini, kita bagi 2 kegiatan ini ada pra dan ada pada kegiatan hari H, pada kegiatan pra WCD itu dilaksanakan mulai jumat pekan depan, kita bagi tugas, saya fokus ke taman, pak Wabup fokus di pasar Karisa, pak Sekda fokus di masjid-masjid, SKPD juga akan dibagi 3 sampai pada hari H tanggal 18 September 2020, kemudian saya juga meminta kepada masing-masing SKPD untuk menanggung truk sampah, 1 SKPD itu menyiapkan 1 truk sampah”, tegasnya.

Perwakilan Relawan World Clean Up Day 2020 Sultan saat dimintai pandangan membeberkan jika angka partisipasi masyarakat Jeneponto pada kegiatan ini ditahun 2019 masih sangat rendahrendah hanya 0.14% dari total populasi warga Jeneponto yang berpartisipasi.

“WCD sendiri di Jeneponto itu mulai dilaksanakan tahun 2018, mengambil lokasi di pulau Libukang ada sekitar 1 Ton Sampah yang berhasil dikumpulkan teman-teman relawan, tahun 2019 lokasi WCD di Taroang,  angka partisipasi warga tahun lalu hanya 0.14% dari total populasi masyarakat Jeneponto dan sampah yang berhasil kita kumpulan sebanyak 2,3 Ton. semoga tahun ini dengan partisipasi Pemda Jeneponto dapat lebih menambah antusias masyarakat, dan yang terakhir dari kami adalah semoga segara dibuat regulasi baik perda ataupun perbub mengenai pengolahan sampah”, harapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto M. Basuki Baharuddin berterimakasih kepada Bupati Jeneponto atas respon positifnya mengenai kegiatan WCD ini.
“Saya berterimakasih kepada bapak Bupati Jeneponto atas respon positifnya mengenai kegiatan ini, kami juga mengapresiasi kepada relawan WCD 2020 Jeneponto yang telah bersedih berkolaborasi dengan DLH pada kegiatan lingkungan ini, semoga dengan kegiatan ini dapat menjadi trigger kepada masyarakat untuk lebih peka terhadap kebersihan lingkungan ” ungkapnya.

Menyambung hal tersebut Abdul Rahmat kepala bidang pengelolaan sampah DLH Kabupaten Jeneponto membeberkan konsep kegiatan WCD 2020.
“Kami bersama relawan WCD sudah membicarakan ini, dan tadi coffe morning pak Bupati merespon positif kegiatan ini, Insyaallah kegiatan ini akan melibatkan 10.000 orang baik dari SKPD ataupun dari teman-teman relawan WCD sendiri, dihari H kita akan membagi kedalam 3 item kegiatan yakni dihari pertama bersih sampah dan memilah sampah, hari kedua diskusi panel yang akan fokus mengenai pembahasan regulasi pengolahan sampah di Jeneponto dan membuat pilot project untuk desa percontohan dan hari ketiga kita akan lakukan penanaman pohon, dimalam hari tentu akan ada panggung kesenian dari teman-teman relawan yang akan melakukan camp. Untuk titik lokasi sendiri itu kita optimalkan di tiap kecamatan termasuk Mallasoro Bangkala, Rara’ Taroang dan pusat kegiatan ada di Pantai Tamarunang Binamu, Insya Allah kita optimistis dapat menuntaskan kegiatan ini” pungkasnya.

Dari pantauan awak media turut hadir dalam coffe morning tersebut seluruh Forkopimda, SKPD, camat, awak media dan perwakilan relawan WCD 2020.(***)

 

Penulis: Matuwa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed