oleh

KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI TOLITOLI TELAH MASUK DI LAPAS

Topikterkini.Com.Tolitoli – Pengurus Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Pengayoman Bina Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tolitoli periode 2020-2023, sabtu pagi (12/9) dilantik oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tolitoli Muliyadi Dg Silasa, SH, MH. bertempat di halaman Lapas Kelas IIB Tolitoli.

Sebagai Ketua Mabigus yang dilantik Gamal Bardi, Bc, IP, SH yang saat ini menjabat Kepala Lapas Kelas IIB Tolitoli.

Bupati Tolitoli diwakili oleh Asisten Sekertaris Daerah Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si yang turut hadir pada acara itu dalam sambutannya mengatakan, kegiatan kepramukaan bukan hanya dilakukan di sekolah-sekolah saja namun sudah masuk ke dalam Lapas atau Rutan karena kegiatan kepramukaan mengandung manfaat dalam menumbuhkan sikap dan kepribadian yang baik sesuai Tri Satya Pramuka dan Dasa Dharma Pramuka.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pramuka bukam hanya latihan tepuk tangan dan bersenang-senang saja tapi lebih dari itu dalam kegiatannya membentuk kepribadian manusia yang memiliki karakter dan disiplin yang tinggi dalam keseharian.

Selain itu kegiatan kepramukaan akan menumbuhkan sikap kebersamaan untuk saling bekerjasama sehingga tercipta sikap tolong menolong dan saling mengasihi sesama warga binaan.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan harapan khususnya pada warga binaan agar aktif di dalam kepramukaan selama menjalani pidana sehingga setelah bebas nanti bisa benar-benar siap kembali untuk ikut membangun di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Tengah Lilik Sugandi, Bc, IP, SH dalam sambutannya mengatakan dengan adanya kelompok pramuka di kalangan warga binaan di Lapas Kelas IIB Tolitoli akan dapat memberikan edukasi dan memberi tauladan karena gerakan pramuka ini selain gerakan moral, juga dapat mengembangkan potensi atau bakat yang ada dalam diri dari anggota pramuka iti sendiri. Pendidikan dan kepanduan kepramukaan ini diharapkan dapat menciptakan berbagai potensi dan kedepannya dapat membentik karakter dan jiwa besar para warga binaan dalam membangun bangsa dan menjalani masa depannya yang lebih baik.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tolitoli Dedy Kurniawan, SH.,MH, seluruh Pejabat dan Staf serta Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tolitoli.

Laporan : Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed