oleh

Gubernur Sulteng Resmikan 4 Puskesmas dan 5 Pasar Rakyat di Bangkep

TOPIKTERKINI.COM – BANGKEP: Gubernur Sulteng Longki Djanggola resmikan empat unit Bangunan Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) serta 5 unit Pasar rakyat yang tersebar di pesisir kabupaten banggai Kepulauan (Bangkep) Selasa (15/9/2020). Pengresmian secara simbolis itu bertempat dihalaman Puskesmas Plus Totikum Selatan, Desa Kanali, Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Bangkep.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam sambutanya menyampaikan, dengan diresmikannya Puskesmas di harapkan agar lebih meningkatkan pelayanan kesehatan serta memotivasi seluruh insan kesehatan untuk dapat melahirkan inovasi dalam menyelesaikan masalah kesehatan di Kabupaten Bangkep. foto : Ahmad Labino

Hadirnya Puskesmas dan pasar baru adalah wujudan komitmen pemerintah dalam menghadirkan serta memaksimalkan utamanya disektor layanan kesehatan, penguatan dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat.
“salah satu standar fasilitas public layanan yang berkwalitas kepada masyarakat adalah fasilitas kesehatan dan pasar” ungkapnya

Empat unit bangunan Puskesmas anggaran nya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari kementrian kesehatan 2019 kurang lebih 20 Milyar. Sedangkan untuk pembangunan lima unit bangunan pasar rakyat bersumber dari Kementrian Perdagangan tahun 2019 dan Kementrian Koperasi dan UKM

“Dua unit bangunan dari Dana Tugas Perbantuan (TP) dan 2 unit bersumber dari Dana DAK Kementrian Perdagangan. Sedangkan satu unit bangunan merupakan bantuan dari Kementrian Koperasi dan UKM” ungkapnya.
“Terutama dalam penekanan saya adalah bagaiman upaya agar terus mengatasi Pepalis Stunting, serta kasus kematian ibu dan anak, karena salah satu kasus tertinggi terdapat di daerah ini” kata Gubernur Longki Djanggola.

Diakhir Pesan Gubernur Longki, penambahan pasar rakyat yang baru diharapkan dapat berfungsi sebagai salah satu akselarator kemajuaan daerah dan ekonomi masyarakat Bangkep.
Pengresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti ooleh Gubernur Longkis, dan di rangkaikan dengan pelantikan pengurus pramuka kwartir Bangkep serta penyerahan BLT secara simbolis untuk Desa Kalumbatan dan Desa Kanali, Kecamatan Totikum Selatan.

Bupati Bangkep, Rais Adam (Kanan) Gubernur Sulteng, Longki Djanggola (Tengah), Camat Totikum Selatan, Aprianto Pamolago (Kiri)

Camat Totikum Selatan Aprianto Pemolango menyampaikan, untuk jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di desa Desa Kalumbatan sebanyak 281 kepala keluarga, total besaran dana anggaran yang disalurkan sebesar Rp13.800.000. Sedangkan untuk Desa Kanali jumlah penerima sebanyak 46 Kepala Keluarga total besaran dana sekira Rp84.300.000.

“diharapkan dana bantuan tersebut dapat digunakan sebagimana mestinya” tandas Aprianto Pamolango yang akrab disapa Pido.

Gubernur Longkis tiba dilokasi kegiatan didampingi Bupati Rais Adam, Kapolres Bangkep AKBP Reza A Simanjuntak, Ketua DPRD Bangkep Rusdin Sinaling, Panglima Penghubung Kodim 1308/LB, Mayor Inf Sutikno, serta Kepala OPD Bangkep.

Liputan : Ahmad Labino

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed