oleh

Laksanakan Seminar Empat Pilar MPR RI DR.H.Ajiep Padindang, SE.,MM. Ajak Penyuluh KB Jaga Ketahanan Keluarga

TOPIKTERKINI.COM, GOWA — Seminar Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia berlangsung, Kamis (17/09/2020) di Kabupaten Gowa – Sungguminasa. Di hadiri Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang, SE.,MM., Ketua IPeKB Sulawesi Selatan, penyuluh KB Kab. Gowa.

Karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, Sosialisasi yang diikuti 150 orang peserta menerapkan standar protokol kesehatan. Untuk menghindari kerumunan massa dalam jumlah besar, Sosialisasi dilaksanakan dua tahap

Materi sosialisasi yakni Pancasila, UUD NKRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi Empat Pilar ini dalam pengantarnya sebelum membuka acara Sosialisasi secara resmi, Dr.H.Ajiep
Padindang, SE.,MM., menyampaikan bahwa MPR RI terus mencari model sosialisasi Empat Pilar yang lebih efektif dan menyenangkan.

Setelah membuka acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI secara resmi, acara dilanjutkan dengan penyajian materi sosialisasi oleh Anggota MPR RI. Dalam penyajian materinya, Dr.H.Ajiep Padindang, SE.,MM., yang juga sebagai Anggota DPD RI di periode keduanya ini mengatakan, Negara kita memiliki Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara, harus terus disosialisasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih jauh, Ajiep yang juga mantan anggota DPRD Prov. Sulsel empat ini mengulas satu persatu materi Empat Pilar MPR RI.
Ajiep Padindang juga mendorong Penyuluh KB Kab. Gowa agar terus mengajak masyarakat binaannya untuk menjaga Ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan guna hidup mandiri dan mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin, terlebih di era Pandemi Covid-19 ini.

“Harmoni sosial dapat terbentuk ketika masing-masing individu dan keluarga mengembangkan penghormatan dan toleransi antar-sesama,” ujar Senator Ajiep Padindang.

Sementara itu, Ketua IPeKB Sulawesi Selatan, Jasmin mengatakan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang,SE.,MM., karena memberikan kepercayaan kepada IPeKB sebagai mitra dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

“Kepada Penyuluh KB untuk sungguh-sungguh mengikuti penyajian materi Empat Pilar MPR RI.” lanjut Jasmin menambahkan, khusus teman-teman penyuluh saya harapkan agar mengikuti materi sosialisasi ini secara serius, karena ini penting sebagai bekal taman-teman dalam melaksanakan tugas sebagai penyuluh di tengah-tengah masyarakat.

Setelah penyajian materi oleh Anggota MPR RI, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Salah satu Pertanyaan yang mengemuka adalah, materi sosialisasi ini sangat penting, karena itu, bagaimana pola yang sebaiknya dilakukan agar Sosialisasi Empat Pilar ini sampai ke masyarakat luas ?

Mendengar pertanyaan itu, Dr.H.Ajiep Padindang,SE.,MM., langsung menjawab bahwa Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dilaksanakan akibat semakin memudarnya pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, sosialisasi nilai-nilai luhur bangsa menjadi
suatu kebutuhan.

“Sosialisasi Empat Pilar MPR RI telah berlangsung beberapa tahun, dan MPR RI terus mencari format yang efektif. Pemerintah juga, melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah melaksanakan program pembinaan nilai-nilai Pancasila, dan terus berupaya mengkaji format ideal yang lebih efektif,” pungkas Anggota MPR RI dari unsur Kelompok DPD RI tersebut.

Penulis : Rachim Lallo
Editor   : Abd. Rahman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed