oleh

World Clean-up Day 2020 Dilaksanakan Di Jeneponto

TOPIKTERKINI.COM, JENEPONTO — Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Lingkungan Hidup mengampanyekan gerakan World Clean Up Day dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2020.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, M.Basuki Kr.Lili menjelaskan bahwa gerakan ini merupakan aksi nyata serta aktualisasi kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Seluruh Perangkat Forum Komunikasi Daerah ( Forkopimda ), Lembaga pemberdayaan Masyarakat, antara lain ‘Pattiro Jeka’ Organisasi Masyarakat ( Ormas ) Antara lain MPC Pemuda Pancasila Kab.Jeneponto, Karang Taruna, para Komunitas JEMO Peduli Lingkungan, beserta Para Komunitas Pesepeda dan masyarakat peduli Lingkungan.

“Gerakan ini diharapkan partisipasi masyarakat untuk melaksanakan gerakan gotong royong di masing-masing desa/kelurahan serentak pada hari Sabtu, 19 September 2020,” kata Kadis Lingkungan Hidup M.Basuki yang biasa disapa Kr.Lili dalam keterangannya, Sabtu (19/9/2020).

Hal lain yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kebersihan di wilayah masing-masing, mengelola dan memilih sampah ramah lingkungan, dan tidak membakar serta membuang sampah secara sembarangan. ujarnya.

  • Gerakan ini adalah gerakan global yang dikoordinasikan oleh Let’s Do It World Estonia, Eropa yang akan melaksanakan Gerakan World Clean Up Day, atau Gerakan Pungut Sampah serentak di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi.

Faktanya, belum banyak yang tahu tentang gerakan bersih-bersih ini, terutama di Indonesia. Lima tahun belakangan, Indonesia mulai aktif bergabung dan berkontribusi dalam gerakan WCD, dan menarik sejumlah relawan untuk bergabung serta melakukan kegiatan bersih-bersih di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Kabupaten Jeneponto.

Perlu diketahui World Clean Up Day yang melibatkan seluruh Forkopimda serta komunitas/lembaga ditempatkan di beberapa pesisir pantai, seperti di Pantai Tamarunang Kelurahan Pabiringa Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto.

Penulis : Andi Arfan Idjo
Editor : Abd. Rahman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed