oleh

Dirjen Perikanan Budi daya KKP Dorong Sektor Perikanan Buol Merambah Pasar Nasional

Topikterkini.Com.Buol – Dirjen perikanan Budi daya Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) DR. Ir. Slamet S. MSi melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka meninjau salah satu potensi lahan budidaya tambak di desa Kodolagon Kecamatan Bokat, Rabu (23/09/2020)

Dirjen Kementrian Kelautan dan Perikanan bidang budidaya DR.Ir. Slamet S. MSi dalam keterangannya kepada sejumlah media di sela-sela peninjauan lahan tambak potensi perikanan budidaya di Desa Kantanan kecamatan Bokat mengatakan bahwa pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Kelautan dan Perikanan Direktorat jendral Perikanan budidaya akan memberikan dorongan  dan dukungan pada pengembangan budidaya perikanan di Buol

“Kabupaten Buol mempunyai potensi lahan cukup besar dan luar biasa jika potensi terkelola dengan baik pasti pencapaian produksinya tinggi.dampaknya meningkatkan kesejahteraan perekonomian warga kabupaten Buol.”Ungkap Dirjen.

Di tambahkannya Potensi perikanan dan pertanian yang sangat luar biasa ini akan di kembangkan dan terus di genjot untuk menaikan pendapatan masyarakat, bukan hanya itu saja termasuk penyerapan tenaga kerja, kita bisa lihat sendiri lahan yang hanya seluas 0.5 hektar saja sudak dapat memproduksi udang 1 ton lebih.

Dirjen juga menjelaskan terkait pangsa pasar nasional untuk sektor perikanan, di tengah Covid-19 justru berdampak positif walaupun di awal pandemi pasar nasional sempat harganya anjlok namun kondisi itu hanya berlangsung selama tiga bulan setelah itu sejak April sampai saat ini sektor perikanan nasional terus mengalami permintaan dengan harga yang naik.

Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buol Lani Irawati,SE kepada sejumlah media menjelaskan ada empat item Budi daya andalan Kabupaten Buol yaitu Budi daya udang Paname,udang windu,kepiting bakau dan ikan bandeng dengan luas lahan pengembangan berkisar 1200 hektar.

“Ketersediaan lahan seluas itu,dan lahan seluas 110 hektar yang telah produksi di tambah 275 hektar lahan yang sementara dalam posisi existing lahan serta hasil produksi 200 ton selama dua semester tahun ini, kami optimis di tahun 2024 Kabupaten Buol mampu merambah pasar nasional dan menjadi salah satu daerah penyangga kebutuhan nasional.”harapnya.

Turut mendampingi Dirjen dan rombongannya Bupati Buol DR.Amirudin Rauf.Sp.OG,M.Si,Wakil Bupati Abdulah Batalipu.S.Sos.M.Si,Ketua DPRD Buol Srikandi Batalipu,wakil ketua I dan II DPRD Zainudin Rauf dan Ahmad Takuloe,SH, jajaran Forkopimda Kabupaten Buol,Kadis Perikanan dan Kelautan Lani Irawati,SE,Pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah,Camat Bokat Moh.Kachfi Marjuni,S.Pi,Kepala Desa Kodolagon.

Liputan : Husni Sese.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed