oleh

Bawaslu Jeneponto Terus Gencarkan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Masyarakat Desa

TOPIKTERKINI.COM, JENEPONTO –B Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Jeneponto kembali memenuhi undangan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) Tahun 2021, yang di laksanakan di Tiga Kecamatan yang tersebar di tiga Desa, Yaitu Desa Borongtala Kecamatan Tamalatea, Desa Balumbungan Kecamatan Bontoramba dan Desa Punagaya Kecamatan Bangkala di Kabupaten Jeneponto, Kamis (01/10/2020).

Dalam sambutannya di Desa Borongtala Kecamatan Tamalatea, Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful SH. menyampaikan Apresiasi kepada para kepala Desa yang telah mengundang Bawaslu untuk hadir dalam acara Musrenbang yang diadakan terkhususnya Desa Borongtala. 

lanjut Saiful “Pendidikan politik bagi masyarakat desa harus terus dilakukan, dalam pandangan Bawaslu, Desa sangat memiliki potensi yang besar untuk membangun dan memperkuat demokrasi,

nilai – nilai demokrasi hari ini yang dipraktekkan setiap hajatan pemilu, pilkada termasuk juga Pilkades semakin jauh dari jati dirinya. Harapan kami dengan kehadiran Bawaslu, Desa Borongtala bisa menjadi role model kampung demokrasi, Desa sadar pengawasan, Desa sadar Pemilu dan Desa anti politik uang”.pungkasnya.

Di tempat yang berbeda, di Desa Punagaya Kecamatan Bangkala Pimpinan Bawaslu Jeneponto Hamka, S.Pdi  menyampaikan “dalam Pilkada maupun Pemilu masyarakat mengharapkan pemimpin yang bermartabat dan betul – betul  pilihan hati nurani masyarakat, tanpa praktik politik yang mencederai system demokrasi.

Oleh karena itu, Bawaslu hadir  pada musrenbang ini dalam rangka mengajak kepada Pemerintah Desa untuk bersinergi dengan Bawaslu sebagai bagian tindak lanjut Mou Bupati dengan Bawaslu Jeneponto, salah satu program yang kami ajukan dalam musrenbang ini adalah pembentukan dan pembinaan desa sadar pengawasan dan anti politik uang” kata Hamka.

Ditempat lain Pimpinan Bawaslu Jeneponto Sampara Halik dalam sambutannya menyampaikan, peningkatan kualitas demokrasi sangatlah penting, khususnya di Desa Balumbungan Kecamatan Bontoramba.

Olehnya itu, kami meminta kepada masyarakat untuk bersama sama membangun kualitas demokrasi yang berkualitas dan jauh dari praktik politik uang.

Mari kita sama-sama menolak dan menghapus bentuk – bentuk praktik politik yang dapat mencederai demokrasi kita.
“kami sangat mengharapkan pemerintah Desa untuk bersinergi dengan Bawaslu Kabupaten Jeneponto dengan memasukkan program – program pendidikan politik serta demokrasi berbentuk “Desa Sadar Pengawasan dan Desa Anti Politik Uang” sebagai bagian dari program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat Desa,“ tutupnya.

Dalam Musrenbang ini, Para Kepala Desa  dari ke tiga desa yang di hadiri oleh Bawaslu Jenepnto hari ini Sangat mengapresiasi dan menyambut baik niat dan keinginan Bawaslu Jeneponto untuk memperkuat dan membangun demokrasi yang berkualitas dan bermartabat dari desa dengan hal ini Para kepala desa juga akan memasukkan program kegaitan pendidikan Politik dan Demokrasi Bawaslu Jeneponto  melalui Alokasi Dana Desa.

Penulis : Mahmud Sewang

Editor   : Abd. Rahman

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed