oleh

Bau menyengat kandang ayam Resahkan Warga sekitar Dusun Kirasa Desa Palambarae Bulukumba

TOPIKTERKINI.COM – BULUKUMBA | Pengusaha ayam bertelur diduga resahkan beberapa masyarakat yang ada disekitar lokasi kandang ayam

Warga Dusun Kirasa yang berinisial S dan F juga sangat mengeluhkan soal bau yang berasal dari kandang ayam disekitar permukiman warga Dusun Kirasa Desa Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Menurut F dan S bahwa keberadaan kandang ayam sangat diuntungkan oleh pemilik dan pengelolanya, sememtara masyarakat disekitar lokasi hanya dapat bau busuk saat terbawah dengan hembusan angin pagi dan sore hingga malam.

Bau menyengat kandang ayam Resahkan Warga sekitar Dusun Kirasa Desa Palambarae BulukumbaKata F dan S sudah kurang lebih puluhan tahun merasakan bau menyengat yang dihasilkan dari dalam kandang milik pengusaha milik Sandi yang beralamat dijalan Lanto Dg.Pasewang Kelurahan Loka Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba.

Selain F dan S juga Inisial N mengatakan bahwa selain bau busuk dari dalam kandang ayam, beberapa bangkai ayam yang sudah mati kerap dibawah oleh anjing dan ditemukan didepan rumah warga yang seharusnya pengusaha buatkan lubang atau membakar bangkai ayam yang sudah mati,”katanya

“Harapan masyarakat disekitar lokasi semoga pengusahanya atau pemiliknya bisa mengambil langka positif dengan memindahkan lokasi dan membuat tempat yang jauh dari permukiman masyarakat, karena melihat perkembangan masyarakat makin hari makin padat penduduknya, harapnya.

Dikonfirmasi dihari sama Sandy membantah soal bau yang bisa ditimbulkan disaat musim kemarau, namun terkait bau yang ditimbulkan kemungkinan besar ada, yang namanya kandang ayam pasti ada baunya.

Tak hanya itu, Sandy juga sangat menyayangkan jika ada masyarakat yang keluhkan secara diam-diam seharusnya mereka konfirmasi dulu atau menghubungi langsung pihak pengelolanya, kalau ada masalah seperti itu, bukan dibesar-besarkan,”katanya.

Upaya maksimal yang ingin dilakukan oleh Sandy untuk kedepannya membuat saluran pembuangan dan pembersihan kotoran, jujur sejak tahun 1997-1998 usaha ayam bertelur dikelola oleh H.Aris mertua Sandy belum pernah ada yang komplaing, kecuali saat ngumpul-ngumpul biasa ada yang ngomong kalau kandangnya berbau,”katanya.

Kepala Desa dikonfirmasi diwaktu yang sama mengatakan bahwa soal bau yang ditimbulkan hingga saat ini belum ada yang mengaduh langsung kekantor Desa Palambarae.

Bukan hanya itu, Kepala Desa Palambarae Umar Saklan berharap apabila ada hal atau masalah yang berhubungan dengan tugas yang ada di wilayah kerjanya, seharusnya masyarakat sampaikan untuk didudukkan bersama sambil mencarikan solusi,”harapnya

Laporan: Andi Burhanuddin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed