oleh

Komitmen Besarkan Bumdes, Pemdes Lokodidi Suntik Dana 100 Juta Ke Bumdes “Suka Maju”

Topikterkini.com.Buol – Berbagai macam usaha yang dilakukan Pemerintah Desa dalam menggenjot potensi yang ada di Desa, salah satunya adalah mencari formulasi agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Berkembang pesat dalam mengelolah unit usahanya, dan salah satu persoalan keterlambatan berkembang bumdes adalah kekurang modal usaha.

Hal ini lah yang mendasari pemerintah Desa Lokodidi di bawah Kepemimpin ( ALUY SAID, S.IP ), sangat memperhatikan Bumdes khususnya dalam hal penyertaan modal, tidak tanggung-tanggung di tahun 2020 Bumdes “Suka Maju” di gelontorkan dana 100 juta dari dana ADD, setelah ditahun sebelumnya di berikan penyertaan modal 35 juta.

“Tahun ini saya berikan penyertaan modal 100 juta kepada Bumdes “Suka Maju” Desa Lokodidi, dan dananya sudah diserahkan ke pengurus Bumdes dengan membuka usaha beberapa unit tahap awal yakni, Pom bensin mini (pertamini), pangkalan gas elpiji dan pangkalan kayu lokal untuk bahan rumah dan kebutuhan lainnya. Unit usaha lainnya kedepan akan diupayakan oleh pengurus bumdes dalam menopang dari pada hasil petani dan nelayan,”ungkap Kepala Desa Lokodidi, Aluy Said, S.IP, Jumat (16/10/2020) saat ditemui wartawan Topokterkini.com, di Desa Lokodidi, Kecamatan Gadung.

Aluy menjelaskan, adapun progres setelah diserahkan dana ke pengurus Bumdes “Suka Maju”, rencananya pada hari Sabtu, (17/10/2020) Unit usaha Pom bensin mini (pertamini) sudah mulai beroprasi, kemudian untuk usaha pangkalan gas elpiji dan pangkalan kayu masi sementra proses pengurusan dokumen persyaratan buka usaha.

“Untuk progresnya saat ini, besok pom bensi mini (pertamini) mulai beroprasi, kemudian untuk unit pangkalan gas elpiji dan pangkalan kayu sementara proses perlengapan dokumen persyaratan,”terangnya

Ia menghimbau kepada seluruh masyrakat Desa Lokodidi, dengan suntikan dana sebesar 100 juta yang sudah diberikan ke Bumdes, silahkan memanfaatkan unit-unit usaha yang ada. Jika kedepan dibuka ruang unit usaha simpan pinjam oleh pengurus Bumdes, silahkan meminjam, namun dengan catatan tetap memperhatikan dan patuh pada aturan yang dibuat oleh pengurus bumdes itu sendiri.

“Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat, Bumdes “Suka Maju” saya sudah suntik dana 100 juta, tinggal kamu lihat unit-unit yang ada, ketika dibuka unit simpan pinjam, maka silahkan meminjam dengan ketentuan tetap mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pengurus bumdes itu sendiri, namun jika tidak dibuka unit simpan pinjam, maka tidak bisa lakukan itu,”ujar Aluy

Kades Lokodidi berharap, kepada pengurus Bumdes agar semaksimal mungkin dapat memanfaatkan sebaik-baiknya dana yang sudah diberikan oleh pemerintah desa, guna keperluan dan kebutuhan masyrakat Desa Lokodidi terutama para petani dan nelayan diwilayah itu.

“Saya berharap kepada pengurus Bumdes, dana yang saya serahkan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, lihat posisi dan kondisi kebutuhan-kebutuhan masyarakat terutama petani dan nelayan. Dan Alhamdulillah semua pengurus bumdes mulai dari ketua, sekretaris dan bendahara menyampaikan ke saya, mereka akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan yang terbaik demi kemajuan Bumdes “suka maju” Desa Lokodidi kedepan,”tutup Aluy

Liputan : Firman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed