oleh

KPU Buol Bersama Bawaslu Gelar Diskusi Publik, Tingkatkan Partisipasi Milenial di Pilgub 2020

Topik terkini.com.Buol – Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupten Buol bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah Kabupaten Buol menyelenggarakan Dialog Publik,Jumat(30/10/2020).

Dialog dan diskusi yang di selenggarakan di Cafe Cord tersebut mengambil tema,” Peran Generasi Milenial dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pesta Demokrasi (Pilgub) 2020 di Masa Pandemi.”

Tampil sebagai pembicara Ketua Bawaslu Kabupaten Buol Suardi Badolo, S.Pd, M.Pd, Sumarlin,S.Sos dan Karyanto.S.Sos anggota Bawaslu, Komisioner KPU Buol Divisi Tekhnis Sudirman.Daud, SP, Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo, S.I.K, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Buol Ruslan, S.Pd.

Acara yang di kemas dalam suasana kekeluargaan itu,di awali oleh Ketua Pemuda IMM Buol Ruslan ,S.Pd sebagai pembicara.Dia mengajak generasi Milenial dan segenap elemen mahasiswa berperan aktif mengedukasi masyarakat untuk mensukseskan Pilgub 2020.

Sementara Ketua Bawaslu Suardi Badolo mengatakan dalam rangka meningkatkan partisipasi generasi milenial pada pesta demokrasi Pilgub 2020 ini, Bawaslu akan membuat Nota Kesepakatan dan Kesepahaman (MoU) dengan OKP dan ORMAS dalam rangka meningkatkan pengawasan partisipatif melalui wadah yang namanya Teras dan Rumah Pengawasan Pemilu.

“Agendanya NGOPI BMW atau di singkat Ngobrol Pilkada Bersama Warga,”Ucapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan kehadiran wadah tersebut untuk mendiskusikan seperti apa dan bagaimana peran generasi mudah guna membantu Bawaslu melakukan pengawasan dan pencegahan yang bersifat partisipatif utamanya terkait praktek Politik Uang (Money Politic) yang di anggapnya sebagai perusak tatanan demokrasi.

Komisioner KPU Buol Divisi Tekhnis Sudirman.S.P mengatakan untuk meningkatkan peran dan partisipasi generasi Milenial KPU Buol telah membentuk Relawan Demokrasi (Relasi)

“Relawan Demokrasi sejumlah 25 personil ini akan kami sebar di seluruh wilayah Kabupaten Buol guna membantu tugas tugas KPU,”sebutnya

Dia berharap dukungan dan partisipasi penuh kaum Milenial di pilgub nanti.

“Pada Pileg dan Pilpres 2019 kemarin partisipasi pemilih di Kabupaten capai 83 % melampaui target nasional yang di tetapkan yaitu 70,75%, insya Allah di Pilgub nanti partisipasi pemilih bisa meningkat minimal sama,”harapnya

Kapolres Buol AKBP Dino Hendro Widodo, S.I.K mengatakan generasi Milenial adalah generasi yang sangat identik dengan kemajuan informasi dan teknologi,sinergitas dengan keikutsertaan generasi Milenial adalah sebuah kolaborasi terwujudnya pilkada yang aman dan demokratis.

“Berbekal penguasaan IT, saya mengajak para milenial dan kita semua bersama memerangi hoaks dan tetap mendisiplan diri mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19,”Imbuhnya.

Kapolres Dieno juga berharap peran insan pers sebagai pilar demokrasi di beri ruang dan peran untuk mensupport suksesnya pilkada.

Pada sesion diskusi dan tanya jawab secara umum mempertegas seperti apa implementasi dan langka konkrit untuk meningkatkan peran dan partisipasi generasi milineal pada pesta demokrasi nanti.

Turut hadir dalam Dialog Publik Ketua PGRI Kabupaten Buol yang juga selaku Korwas Sekretaris Bawaslu Buol Muh.Singara, S.Ag, M.Si, Kasat Intelkam Pores Buol Iptu Agung, SE Ketua GP.Ansor Kabupaten Buol, Isma Jaya S.Sos beserta pengurus,Ketua HMI Cabang Buol dan perwakilan Mahasiswa Perguruan Tinggi se Kabupaten Buol.

Liputan : Husni Sese.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed