oleh

Propil Jeneponto Lakukan Aksi Bersih Hutan Kota

TOPIKTERKINI.COM-JENEPONTO-Sekelompok anak muda yang menamakan dirinya Pemuda Romanga Peduli Lingkungan atau disingkat PROPIL melaksanakan agenda kerjanya yaitu Bersih-bersih di Hutan Kota Romanga. (Minggu, 08/11/2020).

Hutan Kota Romanga yang terletak di Jalan Lanto dg Pasewang Kelurahan Balang Kecamatan Binamu Kab Jeneponto ini memiliki berbagai jenis pepohonan didalamnya seperti Ketapang, Trembessi, mahoni, kapuk hutan, lamtoro gunung, akasia dan masih banyak jenis pohon dan tanamannya lainnya dihutan ini.

Suryani Hajar salah seorang penggagas berdirinya komunitas ini mengungkapkan hal mendasari digagasnya komunitas ini adalah dari keprihatinan terhadap botani yang ada disekitarnya.
“Tentunya Pepohonan dan tanaman lain yang ada didalam hutan ini harus terus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah atau mati.Salah satunya adalah dengan menanam kembali pohon yang sudah mati”, ujarnya.

Lebih lanjut Suryani Hajar berharap agar Hutan Kota Romanga selain menjadi kawasan hijau juga dapat menjadi wisata edukasi.
“Harapannya selain menjadi kawasan terbuka hijau, Hutan Kota Romanga juga dapat menjadi destinasi wisata dan edukasi bagi warga bila dikelola secara baik oleh pemerintah dan warga karena hutan kota ini penting untuk kesimbangan ekologi manusia dalam berbagai hal seperti kebersihan udara, ketersediaan air tanah, pelindung terik matahari, kehidupan satwa dalam kota dan juga sebagai tempat rekreasi” tutur Suryani Hajar penggagas Komunitas ini.

Senanda dengan penggagasnya, Ashabukl Kahfi koordinator aksi bersih hutan Propil menjelaskan
Keanggotaan PROPIL ini adalah pemuda warga sekitar yang peduli dengan keberadaan hutan kota ini.
“Kami merasa terpanggil untuk memperhatikan hutan kota ini, sejak pandemi ini sampah semakin banyak, masyarakat sekitar juga banyak membuang sampah disekitar hutan, warga yang datang kedalam hutan belum sadar membuang sampah sembarangan”tutur Ashabul Kahfi Koordinator Aksi bersih hutan kota.

Lebih lanjut Ashabul Kahfi mengatakan program jangka panjangnya telah disambut baik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto
ini yang rencananya akan melakukan aksi terjadwal setiap pekannya di Hutan Kota Romanga ini.
“Dinas Lingkungan Hidup Kab Jeneponto memberikan support dan apresiasi terhadap kegiatan yang kami lakukan” Tutupnya.(***) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed