oleh

BABINSA KORAMIL 03/IDANOGAWO BERSAMA POKTAN EMUBUN PANEN BAWANG MERAH DI DESA OTALUA KEC. IDANOGAWO

TOPIKTERKINI-NIAS- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Idanogawo Kodim 0213/Nias, yang dipimpin oleh Sertu Anoita Giawa beserta 15 orang anggota bersama Potani “Embun” Desa Otalua Kec. Idanogawo, Kabupaten Nias melakukan panen bawang merah.

“Panen bawang merah ini, juga salah satu bentuk pendampingan kepada Kelompok Tani (Poktan) Emubun saat panen bawang merah di lahan pertanian di Desa Otalua, Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias,” kata Sertu Anoita Giawa di Idanogawo Rabu (13/11/2020).

“Melihat dari hasilnya, panen bawang merah kali ini dapat memuaskan bagi para petani. Dan, ini merupakan panen perdana di lahan mereka. Adapun hasilnya yaitu bawang merah sebanyak 7.700 kg/hektare. Hasil ini setelah kering akan berkurang 20 persen maka nanti hasil yang akan didapat sebanyak 6.160 kg/ha,” katanya.

Menurutnya, bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi salah satu bumbu andalan berbagai masakan di dunia, termasuk di Indonesia, selain untuk bumbu masak, juga dapat digunakan untuk obat tradisional.
Bawang merah mampu beradaptasi baik jika ditanam di dataran rendah, di lahan irigasi maupun lahan kering dan bisa tumbuh dengan subur, sehingga bawang merah mempunyai prospek untuk dikembangkan di lahan kering walaupun dengan luasan lahan kecil sekalipun,” katanya.

Sementara itu, Danramil 03/Idanogawo Kapten Inf Hezaro Gulo memberi apresiasi yang besar kepada Kelompok Tani Embun yang diketuai oleh Ibu Ina Sastra Zai.

Ia berharap, agar kelompok tani yang lain dapat termotivasi dan terdorong untuk terus meningkatkan hasil produksinya. Dengan itu maka masyarakat khususnya para petani meningkatkan penghasilannya lebih baik lagi.

Dalam hal pendampingan anggotanya, dia mengatakan bahwa hal itu bertujuan untuk membantu petani mulai dari merawat hingga pelaksanaan panen.

“Oleh karena itu Babinsa harus terus melakukan pemantauan rutin terhadap pertumbuhan tanaman, dengan harapan tanaman tumbuh dengan subur dan meningkat hasil panennya, sehingga kesejahteraan petani juga semakin meningkat,” Kata bapak Danramil..

Turut hadir pada kegiatan panen tersebut, Kepala BP2KP Idanogawo Bapak Syaiful Akmal Tanjung, SST serta seluruh para anggota Poktan Embun. (Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed